Sukses

Batuk Saat Pengobatan TBC

20 Oct 2014, 09:32 WIB
Pria, 24 tahun.
Assalamualaikum Wr Wb, beberapa bulan yang lalu saya di diagnosa +TB oleh dokter tempat saya konsultasi dan telah dibuktikan oleh hasil pemeriksaaan foto rontgen dada serta tes dahak, saat ini sudah memasuki bulan ke 6 masa pengobatan dan mengalami kemajuan kesehatan yang signifikan namun sekitar 2 hari yang lalu (selama 2 hari) saya mengalami batuk lagi terutama pada malam hari gejalanya persis seperti awal saya dinyatakan +TB sehingga menggangu waktu tidur saya, yang ingin saya tanyakan 1.apakah ini batuk biasa atau masih ada bakteri tb di paru saya, mengingat sebetulnya masa pengobatan saya memang belum selesai ? 2. Apakah perubahan jadwal minum obat saya dikarnakan puasa menjadi faktor pengaruhnya ? 3. saya optimis akan sembuh namun jika nantinya dinyatakan gagal langkah apa yg harus saya lakukan selanjutnya ? Mohon sarannya, terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 (pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Pada penderita TBC yang sedang dalam pengobatan, keluhan batuk masih dapat terjadi dan perlu dievaluasi lebih lanjut penyebabnya dengan pemeriksaan paru. Batuk tersebut dapat saja disebabkan karena infeksi virus atau bakteri biasa, dan bukan karena TBC. Apakah keluhan batuk Anda berdahak? Bagaimana dengan berat badan Anda, adakah perubahan? Adakah keluhan lain seperti berkeringat banyak saat malam hari? Sudahkah melakukan pemeriksaan kontrol dan pemeriksaan dahak ulangan ke dokter?

Selama pengobatan tetap terus berjalan dan rutin diminum sesuai jadwal dan sesuai tahapannya maka tidak ada masalah dengan perubahan waktu konsumsi obat. Apa yang Anda maksudkan dengan perubahan jadwal minum obat, apakah hanya waktunya saja ataukah obat tidak diminum seperti jadwal/frekuensi yang seharusnya?

Hasil pengobatan dapat diketahui setelah pemeriksaan dahak dan rontgen ulangan untuk mengetahui kondisi paru. Jika memang terbukti gagal maka akan dilakukan evaluasi ulang dan pemeriksaan kekebalan bakteri, untuk kemudian diobati dengan obat yang lebih kuat untuk mengatasi kuman TBC tersebut.

Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa pengobatan Anda berjalan dengan baik, lengkap dan selesai. Pastikan Anda juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi cukup untuk menunjang sistem pertahanan tubuh(imunitas). Ayah Anda juga perlu istirahat yang cukup. Anda juga perlu kontrol ke dokter Anda untuk mengetahui perkembangan respon pengobatan.

Berikut kami sertakan artikel:Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda. Semoga Anda cepat sembuh!

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar