Sukses

Penanganan Diabetes

20 Apr 2015, 21:34 WIB
Pria, 43 tahun.

Dok kalo saya kencing kemudian kencing saya di gerumuti semut apakah berarti saya ada kemungkinan diabetes, sy tidak mempunyai keturunan diabetes tks

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kecurigaan adanya Diabetes Melitus (DM) dipikirkan apabila terdapat keluhan klasik DM yaitu 3P (poliuri, polidipsi, polifagi), dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya. Poliuri adalah sering berkemih terutama waktu istirahat (malam hari) yaitu 3-5 kali sehari, polidipsi adalah rasa haus terus menerus, polifagi adalah makan yang berlebihan. Keluhan lain dapat berupa kesemutan, lemah badan, gatal pada kulit, mata kabur, gatal pada alat kelamin pada wanita.

Pada wanita hamil gejala sering berkemih memang ada namun umumnya pada saat kehamilan mulai membesar dan terjadi kapan saja, bukan hanya pada waktu istirahat, dan juga 
keinginan makan juga meningkat dikarenakan pertumbuhan janin. Dicurigai wanita hamil menderita DM apabila didapatkan faktor risiko yaitu obesitas, ada riwayat keluarga dengan diabetes, abortus berulang, riwayat melahirkan bayi dengan cacat bawaan atau melahirkan bayi > 4000 gram, riwayat preeklampsia, dan glukosuria (didapatkan adanya glukosa di dalam air seni).

Apabila Anda mencurigai seseorang menderita diabetes melitus berdasarkan gejala dan faktor risiko yang saya sebutkan di atas, maka sebaiknya dikonfirmasi dengan pemeriksaan gula darah agar dapat dilakukan tatalaksana selanjutnya. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

0 Komentar

Belum ada komentar