Sukses

Kulit Merah Karena Krim Wajah

19 Oct 2014, 11:41 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat malam dokter,saya rio berumur 20thn.saya mengalami kulit berjerawat,tipe muka saya sangat berminyak. Setahun yang lalu saya mencoba untuk memakai cream di salah satu skin care yang cukup terkenal natash* ,muka saya memang terlihat agak bersih jerawat pun menghilang . Tetapi lama kelamaan muka saya menjadi merah dan seperti terbakar. Saya konsultasi ke dokter natash*,dokter tersebut malah merubah cream saya dan menyarankan untuk ambil treatment. Tetapi hasil nya sama saja,muka saya tetap me merah . Dan saya sekarang pindah ke skin care lain untuk mencoba apa cream dari dokter baru ini membuat muka saya jadi merah atau tidak. Apa ada saran dari dokter untuk keluhan saya? Terimakasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti rasa khawatir anda dengan keluhan jerawat anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang pencegahan jerawat. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Kulit kemerahan dan rasa seperti terbakar yang Anda rasakan kemungkinan besar disebabkan karena penggunaan Tretinoin, bentuk asam dari vitamin A yang dapat membentuk struktur atau lapisan kulit baru untuk menggantikan lapisan kulit luar yang rusak. Selain dua keluhan yang Anda sebutkan, adanya pengelupasan, gatal, kulit kering ataupun kondisi jerawat yang semakin memburuk juga mungkin terjadi selama 2 hingga 4 minggu pertama pemakaian obat. Efek ini biasanya berkurang apabila penggunaan obat diteruskan dan diseimbangkan dengan pemakaian pelembab beserta dengan tabir surya di siang hari.

 

Infokan keluhan ini kepada Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang menangani Anda, apabila memang terdapat indikasi untuk mengganti obat-obatan yang Anda gunakan, baik jenis maupun dosisnya. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNE)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar