Sukses

Serba Serbi Alergi

19 Oct 2014, 22:14 WIB
Wanita, 19 tahun.
Dok, awalnya saya tidak ada masalah saat mengkonsumsi udang. Namun, suatu waktu saya konsumsi udang, malah alergi dan sampai sekarang. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami keresahan yang Anda alami, ijinkan kami untuk menjelaskan sedikit mengenai Alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Faktor genetik (keturunan) memegang peranan yang sangat penting dalam kasus alergi. Jika kedua orang tua memiliki alergi maka anaknya akan mengalami kecenderungan besar untuk mengalami alergi juga.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Hal yang paling penting dalam penanganan alergi adalah pengenalan akan faktor penyebab dan menghindarinya. Dalam kasus Anda adalah makanan tertentu (udang). Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Mengatasi Alergi dengan Antihistamin

Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamin, sebagai respon saat kontak dengan alergen (penyebab alergi). Histamin merupakan salah sat zat kimia yang menyebabkan peradangan dan berbagai reaksi alergi pada kulit, saluran pernapasan maupun mata.

Saat histamin dilepaskan selama proses reaksi alergi, Anda akan mengalami gejala-gejala alergi.

Meskipun antihistamin tidak bisa menyembuhkan gejala-gejala alergi, obat ini bisa menghambat efek histamin dan mengurangi gejala-gejala yang Anda alami. Antihistamin membantu meredakan gejala-gejala di saluran pernapasan, kulit dan mata.

Antihistamin akan bekerja lebih baik jika digunakan sebelum Anda merasakan gejala-gejala alergi. Jika digunakan secara teratur, antihistamin bisa membentuk perlindungan dalam darah untuk melawan alergen dan pelepasan histamin. Tapi, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Cara memberantas alergi dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan menghindari paparannya atau dengan terapi sensitisasi. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DNE)

 

Salam,


 

Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar