Sukses

Gejala Alergi & Gangguan Asam Lambung

04 Aug 2014, 17:33 WIB
Pria, 18 tahun.
dok saya batuk sudah sebulan lebih dan sudah ke dokter umum juga dokter mevonis saya sih alergi debu/dingin saya batuk kadang2 juga dok kadang malam hari / siang oh ya saaya juga pnya asam lambung dok apakah itu juga pengaruh ? saya selanjut nya harus ke dokter spesialis apa ya dok?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Reaksi alergi dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu yang dikenal sebagai alergen. Saat alergen masuk melalui tubuh melalui hisapan, tertelan, atau kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh orang yang memiliki alergi akan bereaksi secara berlebihan, seperti gatal, sesak napas, atau bersin-bersin.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Mengatasi Alergi dengan Antihistamine

Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamine, sebagai respon saat kontak dengan alergen (penyebab alergi). Histamine merupakan salah sat zat kimia yang menyebabkan peradangan dan berbagai reaksi alergi pada kulit, saluran pernapasan maupun mata.

Saat histamine dilepaskan selama proses reaksi alergi, Anda akan mengalami gejala-gejala alergi.

Meskipun antihistamine tidak bisa menyembuhkan gejala-gejala alergi, obat ini bisa menghambat efek histamine dan mengurangi gejala-gejala yang Anda alami. Antihistamine membantu meredakan gejala-gejala di saluran pernapasan, kulit dan mata.

Antihistamine akan bekerja lebih baik jika digunakan sebelum Anda merasakan gejala-gejala alergi. Jika digunakan secara teratur, antihistamine bisa membentuk perlindungan dalam darah untuk melawan alergen dan pelepasan histamine. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan tes alergi.  Dan tidak ada keterkaitan antara asam lambung dengan gejala alergi yang Anda alami. 

Kami sertakan artikel berjudul: Alergi, untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar