Sukses

Dada Sesak Padahal Jantung Normal

18 Oct 2014, 17:51 WIB
Pria, 31 tahun.
Ass.. Saya berumur 31th sayang ingin bertanya diklikdokter. Sudah beberapa tahun terakhir ini sy sering mengalami sesak nafas. ketika melakukan aktifitas yg tidak terlalu berat. Dan kemudian sy langsung merasa lemas itu terjadi setiap hari. Kemudian dada sy jg kadang terasa tidak nyaman dan itu sering terjadi. Sy sudah pernah memeriksakan dan tes jantung tp dokter mengatakan jantung sy normal. Yg sy ingin tanyakan sebenarnya penyakit apa yg sedang sy alami. Dan mohon untuk solusi nya. Terimakasih banyak sy ucapkan atas jawabnnya.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa penyebab nyeri dada dan sesak nafas. Nyeri dada tidak selalu disebabkan oleh jantung. Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang  Anda rasakan?

Kami menduga bahwa kemungkinan Anda mengalami GERD. Izinkan kami menjelaskan sedikit tentang GERD. Peningkatan asam lambung memang dapat juga menimbulkan gejala nyeri dada atau perasaan sesak dan sensasi nyeri dada, hal ini biasanya disebabkan oleh GERD atau Gastro-esophageal reflux disease (refluks asam lambung ke kerongkongan). Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya. Saran kami adalah agar Anda merubah pola hidup Anda, dengan cara beristirahat cukup, makan teratur, serta hindari stress. 

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar