Sukses

Keluhan di Kulit Bayi

04 Aug 2014, 16:07 WIB
Pria, 27 tahun.
Assalamu'alaikum W.W.B,mau nanya nih dok..., Minggu kemarin Alhamdulillah saya telah melahirkan secara Normal di Klinik Bidan dalam keadaan aman dan sehat pd tgl 24 Juli 2014 kemarin, namun yang jadi pertanyaan setelah melahirkan saya melihat badan si bayi terlihat seperti ada butiran2 seperti jerawat di bagian muka leher dan hampir diseluruh badannya juga memerah sampai sekarang, apakah hal tsb normal atau adakah indikasi penyakit dan apa penyebabnya jika itu suatu penyakit, karena Bidan yg menolong saya bersalin mengatakan bahwa ketuban saya keruh..., mohon jawabannya Dok..., Wassalam....

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengucapkan selamat atas kelahiran Anak Anda. Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung. Namun, kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan Anda.

Penyebab bintik-bintik merah dan jerawat pada bayi yang paling sering adalah biang keringat, alergi atau gigitan serangga.

Bintik-bintik merah dan seperti ada gelembung putih pada kulit bayi Ibu dapat merupakan biang keringat. Biang keringat di dalam bahasa medis dikenal dengan miliaria. Miliaria adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kemerahan, muncul papul (bintil-bintil), dan gatal. Penyebab dari miliaria adalah sumbatan dari kelenjar keringat akibat dari kondisi udara yang panas dan lembab. MIliaria umum terjadi pada anak dan bayi karena fungsi kelenjar keringat mereka yang belum sempurna.

Penanganan miliaria dapat dilakukan dengan:

  • Menghindari udara panas dan lembab yang bisa menyebabkan bayi tambah berkeringat
  • Menggunakan lotion calamin untuk mendinginkan dan mengurangi gatal (caladine termasuk lotio calamin)
  • Kompres dingin pada bagian miliaria apabila sangat gatal
  • Menghindari kulit bayi dari iritasi (baju tebal, sabun dewasa)
  • Penggunaan steroid topikal dapat digunakan untuk mengurangi gatal
  • Antiseptik dan antibiotik antistaphylococcal akan menghambat pertumbuhan bakteri (apabila terjadi komplikasi pertumbuhan bakteri sekunder)

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar