Sukses

Pasca Luka Bakar

02 Aug 2014, 12:30 WIB
Pria, 20 tahun.
kaki saya empat hari lalu terkena luka bakar dan saya sudah bawa ke rumah sakit, dan di bersihkan sama ada gelembung2 itu di ambil airnya pake jarum suntik. dan pertanyaan saya kenapa setiap hari keluar cairan kuning2 itu? dan menjadi gelembung, apa perlu di ambil lagi itu cairanya?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sekilas kami akam membahas mengenai luka bakar. 

Luka bakar mempunyai pembagian berdasarkan keparahannya, yaitu :

  • Derajat satu

Derajat ini hanya meliputi bagian luar dari kulit. Pada derajat ini tidak ditemukan adanya lepuh (bula). Luka bakar derajat satu merupakan yang paling sering terjadi. Luka ini akan sembuh dengan sendirinya tanpa menimbulkan bekas dalam waktu dua hingga lima hari.

  • Derajat dua

Kerusakan yang terjadi lebih dalam daripada derajat satu. Dapat terlihat adanya lepuh. Didapatkan rasa nyeri yang hebat. Dasar luka berwarna merah atau pucat, sering terlihat lebih tinggi daripada permukaan kulit normal. Luka bakar derajat ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu derajat dua dangkal (superfisial) dan derajat dua dalam (deep)

  • Derajat tiga

Kerusakan yang terjadi lebih dalam lagi daripada derajat dua. Tidak dijumpai adanaya lepuh. Kulit yang terbakar berwarna abu-abu dan pucat. Tidak didapatkan rasa nyeri, karena ujung-ujung saraf sudah mengalami kerusakan bahkan kematian.

Merujuk dari cerita Anda, kemungkinan luka bakar yang Anda alami berada dalam derajat 2, timbul gelembung lepuh yang dinamakan bula. Gelembung tersebut jangan dipecahkan secara paksa. Cairan kuning tersebut adalah cairan plasma yang dihasilkan oleh tubuh. Cairan tersebut keluar karena adanya rangsangan luka bakar yang terjadi. Cairan plasma merembes guna melembabkan dan mengurangi infeksi yang terjadi.  Perlu dicurigai bahwa terdapat infeksi sekunder apabila terdapat cairan kuning berbau seperti nanah. Apakah ini terjadi pada Anda? kami menganjurkan agar Anda kembali memeriksakan diri lebih lanjut guna mendapatkan penanganan dan tindakan yang tepat untuk mengatasi keluhan adanya gelembung dan cairan kuning tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DNA)


Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar