Sukses

Ejakulasi Dini dan Kualitas Sperma

05 Aug 2014, 13:59 WIB
Pria, 40 tahun.
Salam Hormat, saya punya keluhan: antara lain ejakulasi dini dan sperma ecer, sudah 10 tahun menikah tapi blum dikaruniai anak, setelah saya ke dokter untuk pemeriksaan sperma, kata dokter bahwa qualitas sperma di bawah standar, saya mohon petunjuk obat yang harus saya konsumsi, untuk memperbaiki qualitas sperma. sementara ini spermanya ecer dan bening, serta ejakulai dini serta gairah sex berkurang. mohon bantuannya, terima kasih ,semoga Tuhan Memberkati

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Cairan mani  (semen) yang normal umumnya berwarna putih atau keabu-abuan. Namun warna semen dan konsistensi dapat bervariasi tergantung usia, makanan dan frekuensi ejakulasi. Pada awal ejakulasi, semen terlihat tebal dan lengket, namun akan mencair 20-30 menit kemudian. Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan jika sperma encer berarti tidak ada kandungan sperma yang baik. Kekentalan atau viskositas cairan semen dapat diketahui secara pasti dengan pemeriksaan analisis semen (air mani). Analisis semen tersebut sebetulnya ditujukan untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma pada kasus infertilitas (ketidaksuburan) pria.  Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat, merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan.

Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah menghindari faktor-faktor di atas termasuk nutrisi dan pola hidup sehat., tetapi dalam penanganannya tetap memerlukan peran dokter spesialis andrologi. Terapi yang dipilih disesuaikan dengan penyebab, kecuali untuk faktor genetik. Hingga saat ini memang belum ada terapi yang terbukti sangat efektif dalam meningkatkan jumlah sperma. Untuk terapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis andrologi.

Berikut beberapa artikel yang mungkin dapat membantu Anda:

5 Tips Sperma Sehat 

Bahayakah Jika Sperma Tertelan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar