Sukses

FAM

05 Aug 2014, 12:21 WIB
Pria, 20 tahun.
selamat siang dok.... saya akan bertanya lagi tentang benjolan dipayudara itu dok... jika memang itu adalah sejenis FAM apakah itu berbahaya dok ??? apakah itu juga harus dioperasi ??? namun memang benar,, dikeluarga kami ada saudara yang pernah melakukan operasi perihal benjolan dipayudara itu... namun benjolannya dapat terlihat. terima kasih dok...

Terima kasih atas pertanyaan anda.

FAM (fibroadenoma mammae) merupakan suatu tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui. Namun benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon. Oleh karena itu terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. FAM kecil resikonya untuk berkembang menjadi kanker.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mengalami benjolan pada payudara Anda? Jika ya, berapakah ukuran benjolan tersebut? Bagaimana konsistensinya? Apakah Anda merasakan nyeri pada benjolan tersebut?

Meskipun jinak, FAM sebaiknya dioperasi karena FAM dapat membesar, untuk mengurangi nyeri, dan menghilangkan kecemasan akan benjolan tersebut. Sebagian operasi biasanya cepat, 1-2 hari pasien boleh pulang pasca operasi jika tidak ada komplikasi.

Untuk mengetahui apakah FAM tersebut berbahaya atau tidak, kami menyarankan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum untuk penanganan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat juga dilakukan pemeriksaan lain seperti biopsi. 

Biopsi benjolan dilakukan untuk memastikan benjolan tersebut ganas atau tidak. Biopsi adalah mengambil sebagian atau seluruh benjolan lalu diperiksa di bawah mikroskop untuk membedakan tumor ganas atau jinak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar