Sukses

Cacar Air

05 Aug 2014, 11:08 WIB
Wanita, 18 tahun.
Selamat pagi dok.. Saya ingin menanyakan perihal penyakit yang menyerang anak saya yang baru berusia 3 minggu. Begini, Di kulit kepala dan sekitar leher belakang anak saya banyak sekali benjolan seperti cacar air dok, sampai-sampai rambut anak saya di cukur habis. Mula-mula benjolan itu adalah bintik-bintik merah kecil, tetapi dalam kurun waktu 1-2 hari bintik-bintik itu membesar menjadi seperti cacar air (berisi cairan berwarna kuning) dan kulit disekitar benjolan itu memerah. Sudah seminggu lebih benjolan-benjolan itu tumbuh pada kulit anak saya, sudah saya obati dengan salep pemberian dokter , benjolannya memang langsung menyusut tetapi masih tetap tumbuh benjolan-benjolan lainnya. Kira-kira anak saya kenapa ya dok ?? Dan apa yang harus saya lakukan agar benjolan-benjolan tersebut tidak keluar lagi ?? Sekian dan terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Cacar air merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varicela zooster. Pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease), sehingga yang diperlukan adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak anda dengan istirahat dan makan dengan gizi yang seimbang.

Pengobatan yang diberikan biasanya berupa pengobatan suportif/ simptomatik dan menjaga higienis yang baik agar terhindar dari infeksi sekunder. Untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah penggarukan, sebaiknya kulit dikompres dingin. Bisa juga dioleskan losyen kalamin, antihistamin atau losyen lainnya yang mengandung mentol atau fenol.

Pengobatan antivirus seperti dengan asiklovir memang tidak perlu diberikan pada anak sehat. Asiklovir biasanya diberikan kepada remaja, karena pada remaja penyakit ini lebih berat. Asiklovir bisa mengurangi beratnya penyakit jika diberikan dalam waktu 24 jam setelah munculnya ruam yang pertama.

Umumnya, pada hari ke-5, lepuhan baru sudah tidak terbentuk lagi. Seluruh lepuhan akan mengering pada hari ke-enamdanmengehilang dalam waktu kurang dari 20 hari. Air larutan PK dapat diberikan untuk mencegah infeksi sekunder karena bakteri. 

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk terapi lebih lanjut.

Kami lampirkan berbagai artikel untuk menambah wawasan Anda:

Cacar Air pada Anak

Bisakah Terkena Cacar Air Dua Kali?

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar