Sukses

Nyeri Vagina Pasca Melahirkan

19 Oct 2014, 15:11 WIB
Wanita, 18 tahun.
Selamat Pagi dok.. Saya ingin menanyakan hal mengenai keluhan saya pasca melahirkan. Begini, Tanggal 6 Juli lalu saya melahirkan normal di bidan dengan jahitan 4. Jahitan itu kering dalam kurun waktu sekitar 5 hari. Tapi hingga saat ini saya terus merasakan nyeri atau kemeng (istilah jawa) pada miss V saya. Tapi saya tidak tahu jelas nyerinya di bagian mana, kemungkinan di bagian klitoris. Hal tersebut saya rasakan apabila saya terlalu lama duduk ataupun berbaring kemudian saya berdiri. Kira-kira apa yang menyebabkan miss V saya terasa nyeri ya dok ?? Sekian dan terimakasih.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Ibu. Namun, sulit untuk memastikan penyebab keluhan Ibu tanpa melihat langsung/melakukan pemeriksaan fisik. Apakah sudah dilakukan pengangkatan jahitan? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri saat buang air kecil, susah buang air kecil, demam? Proses penyembuhan luka episiotomi (robekan saat melahirkan) berlangsung antara 3 - 6 bulan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka tersebut, seperti kebersihan luka, reaksi alergi terdahap benang jahit, serta status gizi. Bila ada infeksi, bisa saja luka sayatan terbuka kembali. Karena itu kebersihan daerah kemaluan harus dijaga. Obat antinyeri yang aman bagi ibu menyusui contohnya parasetamol.

Bagaimanapun juga untuk memastikan penyebab keluhan Ibu, kami menganjurkan agar Ibu mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisis sehingga dapat diketahui penyebab keluhan dan rencana tatalaksana/terapi yang akan dilakukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar