Sukses

Telat Haid & Hasil Test Pack

19 Oct 2014, 18:16 WIB
Wanita, 24 tahun.
Selamat pagi dok, Biasanya saya tidak pernah terlambat haid, dan sudah satu minggu ini saya terlambat haid, tadi pagi saya testpack hasilnya negatif, padahal saya merasakan tanda2 pusing, mulut enek, dan tidak enak badan. Apakah bisa testpack itu salah ?? Oww yaa apakah pengarus tempat urin yang saya gunakan masih basah krna sebelum saya pakai saya cuci dengan sabun dahulu lalu belum sempat saya lap karna berhubung saya sudah kebelet pipis jd saya buru2. Kemudian saya test hasilnya negatif, Apakah itu mempengaruhi hasilnya dok ?? Trimakasih dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Telat menstruasi memang merupakan salah satu tanda kehamilan, akan tetapi harus dipastikan dengan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

Terlambat menstruasi juga dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

  • Stress dan depresi

  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas

  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh

  • Gangguan indung telur

  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll

  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

  • dll

Berikut panduan informasi mengenai Tanda-tanda Kehamilan dan Cara Memastikan Kehamilan.

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Hasil test pack yang telah Anda lakukan bisa saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin juga terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

 

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi. Tes darah dapat mendeteksi HCG lebih awal daripada tes urin. Tes darah HCG bisa dilakukan sekitar 10-11 hari setelah ovulasi dan fertilisasi. Jika setelah 2 minggu haid tidak kunjung datang, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar