Sukses

Benjolan di Leher & ISPA

01 Aug 2014, 15:47 WIB
Pria, 21 tahun.
Permisi dok, ada beberapa pertanyaan tentang penyakit yang saya derita baru2 ini.. Di belakang kepala saya, tepat diatas leher ada 2 benjolan di kiri dan kanan. benjolan tersebut nyeri berdenyut saat diraba. Besarnya sekitar 0.5 - 1 cm. keras dan tidak dapat bergeser. Disaat yg sama saya juga mengalami biduran,kepala saya sakit,panas,flu dan batuk,leher dan punggung saya sangat nyeri,badan saya lemas. Sakit ini sangat menyiksa, mohon pencerahannya, terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan dan akan coba menjawab pertanyaan Anda.

1. Benjolan di leher

Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • kelainan kulit: alergi, bisul (abses) yang biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter , dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut  berbahaya atau tidak.

 

2. Batuk dan pilek

Berikut tips untuk mengatasi flu dan batuk yang menganggu:

  • Makan makanan dan minuman yang hangat seperti sup daging dan teh dapat mengurangi gejala selesma. Panas yang ada menolong melepaskan mukus sehingga lebih mudah dikeluarkan dengan dibatukkan. Uap panas di kamar mandi juga dapat mengurangi penyumbatan pada hidung.

  • Minum dalam jumlah yang cukup mengencerkan mukus yang diproduksi lebih banyak ketika kita sakit selesma. Mukus yang lebih encer lebih mudah untuk dikeluarkan. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol karena dapat menimbulkan efek dehidrasi.

  • Berkumur dengan air garam hangat dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Buar campuran air garam dengan satu sendok teh garam dalam satu gelas kecil air hangat.

  • Konsumsi suplemen. Beberapa suplemen dapat mempersingkat perjalanan penyakit selesma. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai suplemen yang mengandung zinc, vitamin C, dan echinacea.


Jika keluhan dirasakan sangat menganggu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter.

Kami sertakan juga beberapa artikel yang dapat menambah wawasan Anda mengenai keluhan Anda:

6 Makanan Agar Pilek Cepat Sembuh

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

5 Terapi Alami untuk Hilangkan Pilek

Bakat Mudah Pilek

Pilek, Respon Kekebalan Tubuh Terhadap Infeksi


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar