Sukses

Nyeri dan Sesak Napas karena Kanker

20 Oct 2014, 01:59 WIB
Wanita, 19 tahun.
Assalamualaikum wr. wb. maaf dok, dulu awalnya ibu saya mengalami kanker payudara yang sudah diambil saat kankernya masih kecil. Namun setelah selang dua tahun kanker tersebut muncul kembali dan akhirnya harus operasi lagi sampai diangkat satu payudaranya. setelah sekitar tiga tahun, sekarang kanker tersebut ternyata sudah metastasis ke paru-paru dan tulang. disisi lain usaha kemo dengan bondronat 50mg sudah di lakukan satu kali beberapa hari lalu, namun untuk paru-parunya belum di lakukan tindakan. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana sebaiknya tindakan yang harus dilakukan untuk mengobati atau paling tidak bisa sedikit mengurangi rasa sakit yang setiap saat timbul, terlebih pada paru-parunya yang sudah semakin sesak untuk bernafas dan sering batuk-batuk mungkin sekian, terimakasih wassalamualaikum wr.wb.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk Ibu Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin dengan kondisi Ibu Anda tercinta saat ini.

Apakah saat ini Ibu Anda dirawat di rumah sakit?

Yang Anda tanyakan adalah mengenai penanganan nyeri dan sesak napas serta batuk pada Ibu Anda. Keluhan nyeri pada pasien kanker adalah keluhan yang memang sering dan bahkan selalu terjadi. Nyeri dapat disebabkan karena kanker itu sendiri atau karena penyebarannya. Untuk mengatasi nyeri tersebut, Anda perlu memberitahukan kepada dokter yang merawat agar dapat diberikan antinyeri yang sesuai dan adekuat sehingga dapat mengatasi nyeri dengan optimal.

Sedangkan untuk keluhan sesak napas dan batuk memerlukan evaluasi langsung pada paru-paru Ibu Anda. Perlu diketahui berapa besar penyebaran kanker pada paru-paru sudah mempengaruhi fungsi pernapasan. Bila sangat mengganggu mungkin diperlukan bantuan alat bantu napas dan oksigen agar dapat lebih mudah bernapas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar