Sukses

Mungkinkah Keperawanan Kembali?

20 Oct 2014, 10:10 WIB
Wanita, 25 tahun.
Siang Dok, saya mau bertanya, saya adalah salah satu korban pemerkosaan pada waktu 9 tahun. apakah mungkin Dok keperawanan saya bisa kembali? karena saya tidak pernah melakukan hub seksual lagi. sebntar lagi saya mau menikah, apakah mungkin calon suami saya akan tahu keadaan saya dok, karena kejadian pemerkosaan itu sudah sangat lama sekali terjadi.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo dan salam kenal. Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Keperawanan dapat didefinisikan dan dikaitkan dengan hubungan seksual dengan penetrasi penis ke dalam vagina dan robeknya selaput dara (hymen). Dan kedua konsep ini memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Secara fisik, untuk mengembalikan keutuhan selaput dara, terdapat sebuah prosedur dengan nama hymenoplasty.

Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama himen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, himen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Saat ini memang ada operasi untuk mengembalikan himen ke bentuk semula atau membuat lapisan himen utuh seperti semula. Operasi ini disebut dengan himenoplasty yang terbagi atas 2:

  1. Simple himenoplasty yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula
  2. Alloplant dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan

Namun memang perlu dipahami bahwa operasi ini hanya dapat mengembalikan bentuk fisik selaput dara saja, namun tidak dapat menghilangkan fakta telah terjadinya hubungan seksual dengan penetrasi. Sehingga prosedur ini tidak serta merta mengembalikan keperawanan seseorang. Operasi ini dapat dilakukan di rumah sakit besar atau pusat pendidikan. Efek samping sama seperti operasi lainnya berupa infeksi, perdarahan, dan alergi obat.

Namun, berdasarkan penelitian yang ada, selaput dara yang mengalami trauma (menjadi robek), baik karena penetrasi penis ataupun bukan, pada saat usia sebelum pubertas atau pada saat mendekati remaja memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri dan hampir tidak ada atau sedikit sekali bekas traumanya. Sehingga kemungkinan besar jika pemerkosaan terjadi pada waktu Anda berusia 9 tahun maka saat ini selaput dara Anda kemungkinan besar sudah dalam kondisi yang baik atau cukup baik.

Untuk mengetahui kejadian pemerkosaan yang sudah lama, adalah sangat sulit secara fisik. 

Kami menyarankan agar Anda jangan terlalu khawatir. Jika Anda tidak ingin membagikan kisah ini dengan calon suami Anda, sedangkan Anda masih memiliki kegundahan atau kegelisahan dalam hati maka Anda dapat mengunjungi tenaga medis profesional untuk konseling sehingga jika ada masalah psikis yang mengganggu Anda, Anda dapat memperoleh pertolongan yang tepat.

Semoga Anda sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar