Sukses

Mencegah Hamil dengan Pantang Berkala

20 Oct 2014, 10:40 WIB
Pria, 28 tahun.
Salam hangat klik dokter.. dokter mau tanya? Dok kami sudah berkeluarga ingin mengunakan alat KB yang aman dan tanpa efek samping dengan KB ritmik kalender atau rentang berkala. Yang ingin saya tanyakan dok apabila istri saya men 6 bulan terakhir tanggal awal 04 berakhir tgl 10, 30 berakhir 06, 27 berakhir tgl 02, 24 berakhir 30,19 dan terakhir bulan tujuh ini tanggal 16 berkhir tgl 21jika mengunakan siklus panjang dan pendek, pada tanggal berapa kami hubungan seks tidak boleh dilakukan?... MOHON doktor hitung secara rinci saya masih binggung dengan siklus panjang dan pendek. Klik doktor Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk Istri dan keluarga Anda, semoga sehat selalu!

Untuk menghindari kehamilan, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar menghindari kehamilan adalah menghindari hubungan seksual saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid istri Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda tidak melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid istri Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Menghitung siklus dapat dilakukan dari haid hari pertama hingga 1 hari sebelum haid hari pertama yang berikutnya.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Pada kasus istri Anda, diperlukan data yang lebih lengkap terutama mengenai bulannya, karena tanggal-tanggal yang Anda sebutkan belum lengkap mencakup 6 siklus sehingga belum dapat dilakukan perhitungan.

(istri saya men 6 bulan terakhir tanggal awal 04 berakhir tgl 10, 30 berakhir 06, 27 berakhir tgl 02, 24 berakhir 30,19 dan terakhir bulan tujuh ini tanggal 16 berkhir tgl 21}

Jika dihitung dengan asumsi mulai dari bulan Januari, maka sementara waktu siklus istri Anda adalah 26 hari (tanggal 04-29), 28 hari (tanggal 30-26), 25 hari (tanggal 27-23), 28 hari (tanggal 24-18), dan masih belum diketahui tanggal 19 yang Anda maksudkan itu sampai tanggal berapa. Untuk itu perlu dilengkapi kembali datanya.


Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar