Sukses

Flek-flek & Nyeri Perut

19 Oct 2014, 07:15 WIB
Wanita, 18 tahun.
Dok, sy mau tanya, kemarin2 sy sempet ada flek coklat kdg merah tapi hny 4 hari sj, selang seminggu ada bercak merah sy kira sy haid tp tryt tdk tp sy merasakan PD sy nyeri, sakit pinggang, perut spt mules2 mens apa itu tanda menjelang mens? Trimks

 

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, namun kami tidak dapat memastikan mengenai apa yang terjadi pada diri Anda.  Kami tidak dapat menentukan penyebab dari kelainan Anda tanpa melakukan wawancara medis yang mendetil disertai dengan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan tambahan. Namun keluhan flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting dan hal hal berikut adalah penyebab spotting tersering, yaitu: 

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
  2. Penggunaan kontrasepsi oral
  3. Ketidakseimbangan hormon
  4. Infeksi pada alat kelamin
  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 
  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
  7. Kanker serviks 
  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)
  10. Hiperplasia endometrial
  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Selain itu flek-flek coklat juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual. 

Sebelumnya apakah Anda sudah menikah dan berencana mempunyai momongan? Jika ya nyeri perut yang disertai dengan flek-flek darah dapat disebabkan oleh keguguran, kehamilan di luar kandungan,gangguan pencernaan, perubahan hormonal.

Jika Anda belum pernah melakukan hubungan seksual kemungkinan gejala yang Anda alamai adalah sindroma premestruasi.  Sindroma premenstruasi adalah gejala yang merupakan kombinasi dari fisikal distress, psikologikal, dan atau perubahan tingkah laku dimana gejala tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan antara hormon estrogen dengan sindroma premenstruasi. Penurunan kadar hormon estrogen ketika sedang menstruasi menyebabkan gejala tersebut muncul.

Gejala tipikal PMS muncul sekitar 2 minggu sebelum waktu menstruasi berikutnya, semakin memburuk seiring dengan dekatnya waktu menstruasi, dan membaik setelah menstruasi. Hal tersebut wajar terjadi dan tidak berbahaya.   

Yang dapat anda lakukan adalah modifikasi gaya hidup dengan nutrisi seimbang dan olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Jika nyeri sangat mengganggu Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri atau mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Kami sarankan agar sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga jawaban ini dapat mengatasi kekhawatiran Anda. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AAS)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar