Sukses

Sisa Akar Gigi dan Gigi Tiruan

19 Oct 2014, 00:00 WIB
Pria, 41 tahun.
Mohon petunjuk Dok, Apakah boleh seorang dokter gigi membuatkan / memasang gigi palsu kepada pasien, pdhl masih byk akar gigi yg masih tertanam di gusi? Sayang dokter tsb sdh tugas di daerah lain. Karena gigi palsu saya yg kedua dipasang oleh seorang dokter gigi (yg baru tamat), tanpa memcabut akar2nya. Skrg akar2nya sdh tertutup gusi & susah untuk dicabut. Saya seharusnya sdh harus membuat gigi palsu yg baru, tp sdh 2 dokter gigi yg sy jumpai mengharuskan untuk membersihkan dl semua akar2 gigi (dgn opersi), baru buat yg baru. Masalahnya sy sangat takut dgn operasi. Seandainya dioperasi, berapa lama wkt yg diperlukan sampai gigi baru dipasang & saya bs mengunyah makanan dgn normal lg. Sktr brp biayanya? Terimahkasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Akar gigi yang tersisa pada gusi seharusnya dicabut karena hal tersebut dapat dianalogikan seperti menyimpan "sampah" dalam rongga mulut, dimana sisa akar tersebut dapat menyebabkan infeksi pada jaringan sekitarnya. Pencabutan akar gigi juga harus dilakukan sesuai prosedur, indikasi dan sesuai juga dengan pertimbangan dokter gigi yang merawat Anda.  Pada beberapa kondisi dimana akar gigi sudah cukup terpendam dalam gusi terkadang tidak dapat dilakukan pencabutan dengan pencabutan biasaya dan harus dilakukan dengan operasi kecil.

Saya mengerti kekhawatiran Anda terhadap operasi yang dianjurkan oleh dokter gigi Anda, namum sebaiknya bicarakan kekhawatiran Anda tersebut secara langsung sehingga dokter gigi tersebut dapat menjelaskan prosedur operasi yang akan dilakukan, dan perlu Anda ketahui operasi ini bukan merupakan suatu operasi yang besar dan hanya memerlukan bius lokal. Lama waktu yang diperlukan sampai pada terpasangnya gigi tiruan tidak dapat saya estimasikan karena perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung, begitu pula dengan biayanya karena banyak faktor yang menjadi variabel dalam menentukan biaya yang perlu dikeluarkan seperti jenis gigi tiruan, banyaknya gigi dan banyaknya sisa akar yang perlu dikeluarkan.

Berikut artikel  yang dapat Anda baca.

5 Alasan Gigi yang Hilang Harus Diganti dengan Gigi Tiruan

Pentingkah mengganti gigi yang sudah dicabut dengan gigi tiruan?

Macam Gigi Tiruan (27 September 2010)

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar