Sukses

Penyakit Gondok

20 Oct 2014, 01:07 WIB
Wanita, 24 tahun.
assmkm dok, saya mau tanya,, apakah penyebab penyakit gondok..?? dan apakah penyakit gondok itu menular jika kita menggunakan tempat makan atau tempat minum yang sama..?? terimkasih dok.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit pembesaran kelenjar tiroid atau sering disebut awam penyakit gondok paling sering terjadi karena kekurangan iodin dalam konsumsi makanannya.

Namun, pembesaran kelenjar tiroid juga dapat disebabkan karena:

  • 1. Grave's Disease
  • 2. Hashimoto's Disease
  • 3. Multinodular Goiter
  • 4. Nodul Tiroid Soliter
  • 5. Kanker Tiroid
  • 6. Inflamasi/peradangan
  • 7. Kehamilan

Penanganan pembesaran kelenjar tiroid atau goiter sangat bergantung pada gejala yang dialami, penyebabnya dan ukuran pembesarannya. Goiter yang tidak terlalu besar dan tidak menyebabkan masalah biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Untuk mencegah pembesaran tiroid yang disebabkan karena kekurangan iodin, maka dianjurkan untuk mengonsumsi garam yang mangandung iodin atau mengonsumsi makanan laut dan rumput laut 2 kali dalam seminggu. Udang dan kerang terutama mengandung iodin yang tinggi. Namun, tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Jika penyebabnya inflamasi maka diberikan obat anti radang. 

Pembesaran kelenjar tiroid bukan penyakit menular. Jika pengobatan dilakukan secara tepat dan teratur maka sebagian besar masalah tiroid dapat diatasi.

Baca pula artikel artikel berikut untuk enambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)
 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar