Sukses

Jerawat & Kulit Kering

20 Oct 2014, 10:40 WIB
Wanita, 18 tahun.
dok saya sering mengalami jerawat batu dalam jumlah banyak ,,saya sudah memakai rangkaian produk penghilang jerawat tapi kok yang hilang diarea pipi saja sedangkan diarea dahi tidak pertanyaanya 1. kenapa bisa seperti itu ? 2. jerawat dipipi hilang tapi kulit saya jadi kering dan kasar (istilah jawa : mbrudus ) jadi ketika memakai bedak sangat tidak rata dok ?bagaimana cara mengatasinya dok?.. makasihh :)

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klik Dokter.

Masalah jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Pada sebagian orang, daerah dahi cenderung lebih berminyak sehingga jerawat lebih suka berada lebih lama di dareha dahi.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah

Keluhan kulit akan lebih mudah didiagnosa melalui pemeriksaan langsung, jadi kami sarankan Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin di kota Anda untuk penegakan diagnosa dan pemberian terapi yang sesuai.

Namun dari cerita yang Anda utarakan, sepertinya Anda mengalami masalah kulit kering. Mengenai perawatan kulit kering yang penting adalah menjaga kelembaban kulit, misalnya memakai lotion pelembab. Hindarilah penggunaan sabun mandi antiseptik, sebagai penggantinya gunakanlah sabun mandi yang dapat menjaga kelembaban kulit Anda.

Terlalu banyak disabun akan mengangkat kelembaban alami dari kulit. Cuaca yang kering, dingin dapat menambah kekeringan kulit. Riwayat atopi atau alergi juga dapat menyebabkan kekeringan kulit. Yang sebaiknya anda lakukan adalah menggunakan air hangat dan sabun dengan pH netral. Sesudah mandi, oleskan pelembab ke seluruh kulit karena waktu tersebut adalah waktu yang terbaik. Pelembab dapat dioleskan sering dengan kulit kering (4-5 kali sehari bila sangat kering) karena kulit yang kering dapat menyebabkan gatal-garuk- yang berakibat luka dari kulit. Jangan menggosok terlalu keras, baik ketika mandi, mengeringkan dengan handuk (jangan digosok, cukup dilekatkan), maupun ketika membalurkan pelembab (searah dengan arah tumbuhnya rambut). Hindari udara dingin (memakai jaket dan kaos kaki) dan hindari bedak yang dapat mengiritasi kulit. 
 

Berikut saya sertakan artikel-artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (AAS)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar