Sukses

Awal Haid Siklus Tidak Teratur

20 Oct 2014, 09:08 WIB
Wanita, 18 tahun.
Hallo Dok, saya remaja berusia 18 tahun. Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya: 1. Dok, saya sudah mengalami menstruasi sejak kelas 6 SD. Ada beberapa hal yang membuat saya merasa takut dan tidak tenang, Dok. Apakah tidak menjadi masalah apabila siklus menstruasi sampai saat ini di usia saya yang semakin menginjak dewasa tidaklah teratur? Dalam arti, terkadang tidak setiap bulan saya mengalami menstruasi, dan kalaupun teratur, tidaklah ada tanggal patokan yang jelas kapan akan mengalami menstruasinya, Dok, apakah itu pertengahan bulan ataukah awal bulannya tidaklah jelas, Dok. Apakah hal-hal tersebut menjadi suatu masalah, Dok? Saya takut tidak normal. 2. Dan apakah menjadi suatu masalah juga apabila darah menstruasi yang keluar itu sedikit. Saya tidak tahu jelas, Dok, ukuran yang pasti bagi keluarnya darah menstruasi, tapi saya suka merasa jika semakin lama darah menstruasi saya semakin lama semakin sedikit, tidak seperti dahulu, Dok. Saya takut itu merupakan masalah. 3. Dok, saya sering bingung, untuk usia remaja seperti saya ini, untuk membersihkan daerah kewanitaan itu baiknya menggunakan sabun seperti apa, Dok? Saya sering bertanya ke beberapa orang, namun tidak ada jawaban yang meyakinkan, Dok. Ada yang bilang pakai sabun sirih itu tidak boleh untuk usia seperti saya, lantas apa yang harus digunakan? Sedangakn saya pernah membaca bahwa menggunakan sabjm mandi biasa tidaklah diperkenankan sebab kadar PHnya tidak sesuai. Terkait dengan hal-hal tersebut yang saya ajukan pertanyaan, bagaimana ya, Dok solusinya? Mohon pencerahannya, Dok. Terima kasih banyak.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, pada dasarnya siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika terjadi perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi.

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Kemungkinan lainnya yang mungkin terjadi adalah siklus haid yang memendek karena perubahan aktivitas dan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh karena saat ini Anda sedang dalam kondisi kelelahan. Siklus yang kurang dari 21 hari disebut dengan polimenore dan dapat disebabkan karena gangguan keseimbangan hormon atau sindrom polikistik ovarium.

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal. eluar sedikit atau malah banyak. Selain itu, gangguan haid juga bisa berkisar antara banyak siklus haid yang terjadi. 

Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda dapat keadaan tersebut? Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang.

 

Sebenarnya lama haid 5 hari tidak masalah, masih dalam batas normal dan tidak berpengaruh terhadap kesuburan walaupun jumlah darah yang keluar adalah sedikit. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Untuk informasi lengkap, Anda dapat mengakses artikel yang kami milik, berjudul: 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar