Sukses

Stress Berat Memicu Sakit Kepala

19 Oct 2014, 14:09 WIB
Pria, 32 tahun.
dok, apakah sakit kepala yang sering dipukul-pukul dengan tangan sendiri bisa menimbulkan stress (sakit jiwa)
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala. Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. 

Sering memukul-mukul kepala karena sakit kepala secara langsung tidak berhubungan dengan gangguan jiwa tetapi jika pukulan terlalu hebat hingga menyebabkan trauma atau cedera kepala misal pada kasus kecelakaan motor, tindak kekerasan, dapat menimbulkan gangguan jiwa. Gangguan jiwa yang berkaitan dengan cedera kepala adalah depresi, gangguan pascatrauma, kecemasan, kemarahan, agitasi, agresi, gangguan perilaku, tidak adanya kesadaran diri, gangguan fungsi seksual, gangguan penyalahgunaan alkohol dan napza, serta gangguan psikotik.

Kami sarankan agar Anda berobat ke dokter spesialis saraf jika sakit kepala yang Anda rasakan mengganggu kualitas hidup Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar