Sukses

Asma dan Anak Sulit Makan

25 Jul 2014, 10:22 WIB
Pria, 4 tahun.
dok,adik saya 4 tahun mempunyai penyakit asma ,skrg2 lagi kambuh ko ada luka seperti borok lagi tpi gk bernanah ,mata juga sering gatel2 sampe luka gara2 di kucek matanya!kenapa bisa seprti itu ya dok?dia susah makan ,pake curcuma juga gak ngaruh!solusinya gimana y?makasi dok

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang penyakit asma ini.

Asma

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan / atau batuk persisten dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari pengerutan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti. Namun faktor risiko yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah, alergen (zat yang menyebakan alergi),infeksi, cuaca, kegiatan jasmani dan iritan. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Faktor risiko penyebab tersering asma adalah alergi. Alergi dapat muncul dalam bentuk asma, rhinitis (pilek), dermatitis (gatal-gatal pada kulit), konjunctivitis (mata merah, gatal atau sering berair), dan lain sebagainya. Pada adik Anda kemungkinan gatal-gatal pada kulit dan mata disebabkan oleh alergi.

Hal terpenting dalam pengobatan pasien dengan riwayat alergi adalah menghindari pencetus atau penyebab alergi.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghidari alergi:

  1. Ganti dan cuci seprei, sarung bantal & guling dirumah minimal seminggu sekali
  2. Hindari menggunakan air conditioner (AC) terlalu dingin dan bersihkan filter seminggu sekali
  3. Tirai gorden dicuci minimal 2 minggu sekali
  4. Hindari asap, baik asap rokok, asap dapur maupun asap jalanan (polusi)
  5. Hindari penggunaan karpet di rumah
  6. Mandikan binatang peliharaan 2x seminggu

Anak Sulit Makan

Anak sulit makan disebabkan oleh berbagai penyebab. Bagaimana dengan aktivitas adik Anda? Apakah adik Anda tergolong anak yang aktif? Bagaimana dengan jadwal makannya? Apakah adik Anda sudah makan makanan utama (nasi, lauk, sayur) dengan jadwal yang teratur, 3x sehari, disertai camilan di sela-sela jadwal makan utama? Apakah adik Anda mau makan makanan utama atau hanya makan makanan camilan saja?

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

  • Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang
  • Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak
  • Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.
  • Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan.
  • Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi. Cukup 2-3 gelas susu sehari.
  • Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya
  • Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi
  • Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

Untuk masalah adik Anda kami sarankan untuk berobat ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang tepat dan menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat (AAS)

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar