Sukses

Biopsi Benjolan Payudara

18 Oct 2014, 07:25 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok sy pernah berniat ingin melakukan biopsi utk mengetahui apkh benjolan yg ada payudara kanan sy ganas atau tidak...tp krn mendengar bbrp pendapat dr tmn,sy membatalkan niat sy. Sy dengar jika swt benjolan di biopsi atau terkena pisau mka benjolan tsb akan menjalar lbh ganas lg?apkh hal tsb bnar dok?adakah jln pengobatan lain selain operasi?Terimakasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita  di bawah usia 30 tahun, tumor tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebutfibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara pada usia dibawah 30 tahun. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali Saudari memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara, Anda perlu lebih waspada terhadap  benjolan di payudara. 

Terkait dengan pertanyaan biopsi yang Anda tanyakan, tidak benar jika suatu benjolan pada payudara di biopsi lalu akan menyebar dan menjadi ganas. Pemeriksaan biopsi hanya dilakukan dengan mengambil bagian jaringan tertentu (tidak keseluruhan jaringan) untuk menentukan apakah benjolan tersebut jinak ataupun ganas. Jika memang ganas, biasanya tidak dilakukan pengangkatan. 

Kami tidak dapat memastikan apakah terapi yang tepat untuk Anda karena kami perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada diri Anda. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis bedah onkologi untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SaDaRi)

Kenari Kurangi Risiko Kanker Payudara

Koreksi Gaya Hidup Cegah Kanker

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda! 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar