Sukses

Batuk & Pilek Tidak Kunjung Sembuh

25 Jul 2014, 11:54 WIB
Pria, 18 tahun.
assalamualaikum, saya mau tanya, saya mengalami gejala batuk-batuk yang sudah berlangsung lebih dari 2 minggu, pilek pun kurang lebih 2 minggu, saya sudah mencoba obat flu dan batuk. tapi tak ada yang berhasil menyembuhkan ataupun mengurangi gejala ini, lendir pada lubang hidung bagian kiri saya berwarna agak kekuning-kuningan, namun yang sebelah kanan bening layaknya lendir pada pilek biasa, saya mau tanya apa penyakit yang saya derita ini ? apakah benar sinusitis ?, kalo benar apa yang harus aku lakukan untuk mengurangi gejala tersebut,

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sekilas kami akan membahas mengenai sinusitis. Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya. Sehingga sangat mungkin untuk terjadi kekambuhan.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Tujuan operasi adalah untuk memperbaiki drainase atau aliran sinus dengan mengangkat/menghilangkan sumbatan dan drainase mukus. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus. Gejala yang paling khas adalah pusing, sakit kepala dan pilek. Bagaimana dengan keluhan yang Anda rasakan? jika keluhan Anda hanya pilek dan batuk tanpa adanya pusing dan sakit kepala kemungkinan disebabkan infeksi saluran pernafasan atau alergi. 

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui apakah Anda menderita sinusitis atau terdapat penyakit lain dan untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.


 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.(DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar