Sukses

Mengatasi Anak Gemuk

18 Oct 2014, 06:59 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dok, anak saya usia 22 bulan dan berat badannya 15 kg, tinggi 90cm. Hingga sekarang berat badannya trus naik, dan nafasnya kayak kesusahan tapi untuk geraknya sangat banyak. Dia minum susu formula Lactogen 3. Bagaimana solusinya untuk menangani hal ini agar anak saya tidak terlalu gemuk dan nafas bisa lancar.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sayang sekali Anda tidak menyebutkan jenis kelamin bayi Anda. Sehingga sulit bagi kami menentukan apakah bayi Anda tergolong obesitas atau tidak. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan berbagai efek negatif untuk kesehatan. 

 

Namun berdasarkan kurva yang dikeluarkan oleh NCHS, sesuai dengan usia, berat badan anak Anda sebetulnya memang tergolong sedikit berlebih. Berat badan yang ideal untuk seusia anak Anda seharusnya adalah 11 kg - 14,5 kg. 

Bagaimana dengan aktivitas anak Anda? Apakah anak Anda tergolong anak yang aktif? Bagaimana dengan jadwal makannya? Apakah anak Anda sudah makan makanan utama (nasi, lauk, sayur) dengan jadwal yang teratur, 3x sehari, disertai camilan di sela-sela jadwal makan utama? Apakah anak Anda mau makan makanan utama atau hanya makan makanan camilan saja?

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. 

Jika anak Anda suka mengemil, cobalah untuk mengganti cemilannya dengan yang lebih sehat seperti mengemil buah ataupun sayuran. Apabila anak Anda tidak suka beraktivitas, cobalah mengajaknya untuk lebih aktif dengan memberikannya permainan kesukaannya. 

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki. Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak sebagai second opinion. 

Terkait dengan gangguan sesak nafas yang dialami oleh anak Anda, kami menganjurkan agar Anda dapat mengkonsultasikan hal ini ke dokter spesialis anak. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Tips Obesitas pada Anak

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Asi Mencegah Obesitas Pada Bayi

Menonton TV Penyebab Obesitas pada Anak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam kami untuk buah hati Anda. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar