Sukses

Keguguran: Haruskah Dikuret?

25 Jul 2014, 13:01 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dokter, tanggal 6 Juli kemarin saya keguguran, sampai sekarang (> 2 minggu) saya masih mengeluarkan darah seperti saat haid, tetapi terkadang keluar juga seperti darah beku dan terkadang banyak. Yang ingin saya tanyakan, berapa lama pendarahan seperti ini berlangsung. Saya sudah ke bidan, katanya kalau masih pendarahan berarti masih ada sisa di rahim dan harus di kuret. Tetapi saya tidak mau dikuret. Adakah obat yang bisa membersihkan rahim saya dan mengurangi pendarahan yang saya alami karena saya tidak mau dikuret? Saya membaca beberapa forum dalam dan luar negeri tentang keguguran, dari forum-forum tersebut banyak yang pakai Methergin untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk kondisi saya, bisakah saya minum Methergin untuk membersihkan kandungan dan mengendalikan / menghentikan pendarahan? Terima kasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: berapakah usia kandungan Anda sewaktu Anda keguguran? Sudahkah Anda melakukan USG untuk mengetahui sisa jaringan? Sudahkah Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan? Apakah penyebab dari keguguran Anda?

Untuk memastikan apakah sisa jaringan di dalam rahim sudah bersih adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kembali dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal. Jika memang masih ada sisa jaringan, dokter akan memutuskan apakah diperlukan tindakan kuretase atau digunakan obat-obatan.

Kami juga tidak menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, terlebih jika mengetahuinya dari sumber-sumber yang tidak terpercaya. Kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar