Sukses

Ingin Punya Anak Setelah Tubektomi

19 Oct 2014, 17:32 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dok, bagaimana cara yang harus saya tempuh untuk memberikan keturunan kepada suami saya, setelah saya mengambil langkah sterilisasi pada pernikahan yang dulu, dan saya telah membaca beberapa tindakan proses IVF dengan biaya yang lumayan tinggi. apakah ada alternatif selain tindakan IVF yang dapat saya tempuh dok? Terima kasih. Ayu

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tubektomi atau ligasi tuba adalah pemotongan dan pengikatan atau penyumbatan tuba falopii (saluran telur dari ovarium ke rahim) yang merupakan salah satu cara kontrasepsi berupa sterilisasi, sehingga sel telur tidak dapat menuju rahim dan bertemu dengan sperma. Jika ingin hamil lagi, selain metode IVF, sekarang ini terdapat metode baru untuk mengembalikan kesuburan dengan cara tubal ligation reversal atau rekanalisasi saluran tuba yaitu  (operasi pengembalian fungsi tuba), yakni melakukan penyambungan kembali saluran telur yang telah terpotong. Operasi pengembalian fungsi tuba umumnya sukses untuk mengembalikan fungsi tuba fallopi jika sebagian besar tuba fallopi Anda dalam keadaan sehat. 

Ada beberapa faktor yang mungkin akan dipertimbangkan sebelum melakukan operasi :

  • Usia dan indeks massa tubuh
  • Seberapa besar dan luas kerusakan tuba fallopi Anda
  • Tipe ligasi tuba yang telah Anda lakukan
  • Panjang tuba yang disisakan setelah melakukan ligasi tuba
  • Faktor kesuburan lain seperti kualitas dari sel telur Anda.

 

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda, dan menanyakan lebih lanjut mengenai metode terbaru ini dan dimana prosedure ini dapat dilakukan di Indonesia. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar