Sukses

Penanganan Bekas Luka Menghitam

24 Jul 2014, 13:46 WIB
Pria, 26 tahun.
maaf dok, saya hendri dr jogja yg mau saya tanyakan, untuk menghilangkan bekas luka yg hitam itu gmn ya dok? soalnya maaf di badan saya banyak bekas luka dr kena cacar air dl, dak pada dasarnya kulit saya jg gampang luka klo digaruk pas terasa gatal.jujur saya jd g PD dok dgn banyaknya bekas luka di badan saya.terutama di kaki dan lengan saya dok.sebelumnya terima kasih dok, jawaban dokter sangat saya hargai.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Daerah berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Dan juga dapat disebabkan pada bekas luka/peradangan yang sering disebut dengan hiperpigmentasi paska inflamasi.

Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini memang sangat bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Untuk kepentingan diagnosis dan pengobatan, Anda perlu mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin di bawah dokter yang telah disupervisi untuk penanganan yang optimal. Kami tidak menganjurkan Anda untuk membeli atau menggunakan sembarang obat/cream tidak di bawah pengawasan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar