Sukses

Bermasalahkah Gigi yang Ompong?

19 Oct 2014, 19:43 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok, saya pernah mengalami gigi berlubang di sebelah kanan kemudian saya pergi ke dokter gigi, dokter menyarankan saya untuk dicabut dikarenakan sudah sangat parah. saya pun akhirnya mecabut gigi geraham saya sebelah kanan. setelah beberapa bulan ternyata gigi geraham sebelah kiri saya juga berlubang, awalnya kecil, saya belum sempat menambal karena terkendala dana. akhir2 ini gigi geraham yang berlubang itu sakit, ketika saya meminum obat peredam rasa nyeri sudah tidak mempan. saya ingin ke dokter tetapi takut kalau gigi saya harus dicabut lagi. dan apakah akan menjadi masalah ketika saya mencabut gigi lagi sementara gigi geraham saya dulu yang dicabut tidak dipasang gigi palsu/dibiarkan ompong.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi Anda dan saya mengerti kekhawatiran Anda. Sebaiknya segera periksakan keadaan gigi Anda yang sakit tersebut dan tidak ditunda lebih lama. Perawatan gigi yang berlubang dan sakit belum tentu dengan pencabutan, apabila gigi tersebut masih bisa ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi tidak akan dicabut dan dipertahankan dalam rongga mulut.  Bilamana Anda terkendala dana maka Anda dapat berobat ke puskesmas atau rumah sakit pemerintah, karena pada kedua instansi tersebut biaya perawatan gigi relatif murah bahkan ada yang gratis.

Pada gigi yang telah dicabut sebaiknya tidak dibiarkan lama dalam masa ompong dan segara digantikan dengan gigi tiruan. Kehilangan gigi ini menyebabkan gangguan seperti kesulitan dalam pengunyahan, gangguan fungsi bicara dan nilai esetetik yang berkurang, serta dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan pendukung gigi juga menyebabkan pergeseran/pergerakan dari gigi sebelah dan gigi antagonisnya. Penggantian gigi asli yang sudah hilang dapat dilakukan dengan beberapa macam gigi tiruan, yaitu pembuatan gigi tiruan cekat (permanen) atau lepasan.

Pemilihan jenis perawatan tersebut sangat bergantung pada masing-masing kasus, dengan beberapa pertimbangan medis misalnya berapa jumlah gigi yang hilang, di mana posisi gigi yang hilang tersebut, dan bagaimana kondisi gigi yang tersisa. Oleh karena itu dokter gigi lah yang sebaiknya memberikan alternatif perawatan yang terbaik bagi pasien, tentunya dengan berdiskusi terlebih dahulu dengan pasien yang bersangkutan. Pasien pun memiliki hak untuk memilih, mungkin didasarkan pada pertimbangan biaya atau hal lain. 

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Gigi Palsu Solusi Gigi Ompong (6 Maret 2014)

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

 

0 Komentar

Belum ada komentar