Sukses

Penyakit Jantung Koroner

25 Jul 2014, 13:22 WIB
Pria, 29 tahun.
Dok, ayah saya kena serangan jantung koroner pada tgl 27 Mei 2014, sudah mendapatkan perawatan di RS dan kemarin tgl 21 Juli 2014 sudah dipasang 2 ring jantung. Sekitar 1 minggu sebelum serangan jantung, ayah saya mengangkat beban berat tidak kuat tapi tetap dipaksakan, akhirnya jantung kaget disertai napas agak sesak dan keringat dingin. Dari keluarga tidak ada riwayat sakit jantung, namun ayah saya memang sudah lama punya penyakit gula kering, ayah saya dulu juga seorang perokok. Yang saya tanyakan : 1. Apakah penyakit gula & jantung koroner dari ayah saya bisa menurun ke saya? 2. Apakah efek dari pemasangan ring jantung buat ayah saya? 3. Apakah bisa kambuh penyakit jantung koroner ayah saya? 4. Apa pantangan makanan/minuman yang harus dihindari oleh ayah saya? Terima kasih Dokter....

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami mengajukan pertanyaan, apakah yang dimaksud dengan penyakit gula kering? Apakah yang Anda maksud adalah diabetes? karena dalam istilah medis tidak ada istilah penyakit gula kering. 

1. Apakah penyakit gula & jantung koroner dari ayah saya bisa menurun ke saya?
Diabetes dapat berhubungan dengan riwayat keluarga dan berhubungan dengan faktor genetik. Terutama diabetes melitus tipe 2. 
Anda akan memiliki resiko terkena penyakit jantung koroner jika ayah Anda terdiagnosa penyakit PJK sebelum usia 55 tahun atau jika ibu Anda memiliki PJK sebelum usia 65 tahun.
 
2. Apakah efek dari pemasangan ring jantung buat ayah saya?
Efek posotifnya tentu saja akan ada perbaikan kesehatan. Efek negatifnya sedikit persentasenya biasanya terdapat perdarahan, reaksi alergi terhadap ring tersebut adanya jaringan parut. 
 
3. Apakah bisa kambuh penyakit jantung koroner ayah saya?
(PJK) terutama disebabkan oleh proses aterosklerosis / pembentukan plak dalam pembuluh darah arteri koroner yang merupakan pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan darah ke otot jantung. Jadi untuk mencegah berulangnya PJK, yang harus diperhatikan adalah perubahan gaya hidup yang dapat mengendalikan faktor-faktor risiko yang dapat memperberat penyakit. Dan pemeriksaan jantung berkala sangat penting dilakukan untuk pasien yang berisiko maupun tidak dan rutin mengkonsumsi obat. 
Ada beberapa faktor yang beresiko untuk terbentuknya plak yang akan menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah koroner. Di antaranya hipertensi, tingginya kadar kolesterol dan trigliserida, gula darah, dan asam urat. 

4. Apa pantangan makanan/minuman yang harus dihindari oleh ayah saya?

Diet rendah garam dan kurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Bila kita mengurangi atau kalau bisa berhenti merokok, konsumsi makanan yang sehat dan rendah lemak, perbanyak makanan berserat dan buah, olahraga secara rutin, maka akan dapat menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan tekanan darah yang pada akhirnya memperkecil resiko terkena penyakit jantung.

Sebaiknya ayah Anda tidak melakukan olahraga yang berat. Cukup olahraga ringan setiap hari selama 30 menit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar