Sukses

Pacar Telat Haid, Apakah Hamil?

19 Oct 2014, 16:01 WIB
Pria, 24 tahun.
saya pernah berhubungan petting langsung (tanpa berlapis) dengan tunangan saya tgl 6 juni 2014. terus saya berhubungan petting lgi pada tgl 19 juni 2014. besoknya tunangan saya haid, tapi darahnya berwarna merah dan merah muda selanjutnya keluar bercak darah selama 4 hari. kemudian tgl 12 Juli 2014 kami berhubungan dgn memakai kondom (kondom tidak bocor sudah saya tes dgn memasukkan air kedalam kondom tsb setelah berhubungan). keesokan harinya tunangan saya mual2, muntah, sakit kepala, badan pegal2, perut sakit, cepat emosi dan suka malas selama 3 hari, setelah 3 hari itu sampai sekarang tunangan saya tidak menunjukkan gejala seperti tersebut. sudah di tespack (pada tgl 18 Juli 2014) di pagi hari setelah bangun tidur hasilnya Negatif, sudah 2 kali di tespack hasilnya tetap negatif. *sekarang sudah telat 3 hari dr jadwal men. ** siklus men teratur 30 hari. men terakir 20 Mei, 20 Juni. yang ingin saya tanyakan apa tunangan saya Hamil ?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Telat menstruasi memang merupakan salah satu tanda kehamilan, akan tetapi harus dipastikan dengan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Perlu ditekankan bahwa telat haid bukanlah pertanda mutlak kehamilan. Hal ini perlu dipastikan dengan pemeriksaan yang memastikan kehamilan seperti tes USG.

Terlambat menstruasi juga dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

  • Stress dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telur
  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  • dll

Berikut kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Jika setelah 2 minggu haid tidak kunjung datang, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar