Sukses

Jongkok Setelah Melahirkan Sebabkan Rahim Turun?

20 Oct 2014, 08:06 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat sore dokter. Saya ingin bertanya mengenai kandungan. Begini, sekitar 2 minggu yang lalu saya melahirkan. Seminggu pasca melahirkan saya sudah melakukan aktifitas seperti menyapu, mengepel dengan kaki dan mulai memandikan bayi saya sendiri (duduk di lantai). yang saya ingin tanyakan "Benarkah orang yang baru saja melahirkan tidak boleh jongkok dan duduk bawah dikarenakan dapat menyebabkan kengser (prolabs uteri) ? Sekian dan terimakasih .

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Selamat atas kelahiran buah hati Anda. Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai porlaps uteri. Prolaps uteri adalah turunnya uterus (rahim) dari tempat yang seharusnya karena kelemahan otot atau fascia yang menyokongnya. Gejalanya berupa rasa mengganjal atau rasa menonjol pada alat kelamin bagian bawah; rasa nyeri di bagian pinggang atau panggul yang akan hilang/berkurang bila berbaring; keluhan pipis sering, sedikit-sedikit, tidak puas, tidak dapat menahan pipis; gangguan buang air besar; tidak nyaman saat berhubungan seksual; tidak nyaman saat bekerja dan berjalan; keputihan; perdarahan yang banyak. Bagaimana dengan Anda? 

Prolaps uteri disebabkan oleh kelemahan otot dan peregangan jaringan penyangga. Penyebab keadaan ini antara lain kehamilan dan trauma yang terjadi saat persalinan, terutama dengan bayi berukuran besar atau setelah persalinan yang sulit. Hilangnya tonus otot juga berhubungan dengan penuaan dan penurunan jumlah estrogen setelah menopause. Hubungan seks yang berlebihan tidak menyebabkan keadaan ini. 

Keluhan perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik. Bila memang benar terdapat prolaps uteri, maka penanganannya adalah dengan cara operasi. Namun diagnosa suatu penyakit harus berdasarkan pemeriksaan fisik dan wawancara medis secara lengkap.

Apakah setelah melahirkan boleh jongkok dan duduk di bawah?

Tentu saja boleh, hal ini bukan merupakan faktor risiko terjadinya prolaps uteri. Namun tentu saja sebaiknya Anda tidak melakukan aktifitas yang berlebihan pasca melahirkan dan tetap melakukan kontrol ke dokter kandungan dan dokter anak untuk menilai perkembangan dan kesehatan ibu dan anak. Setelah  6 minggu pasca melahirkan ibu juga bisa melakukan olahraga ringan, ini adalah artikel yang bisa ibu baca: Berolahraga Setelah Melahirkan

Berikut ini kami lampirkan artikel untuk menambah informasi bagi ibu pasca melahirkan:

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar