Sukses

Penyebab Acanthosis Nigricans
18 Oct 2014, 19:55 WIB
Wanita, 13 tahun.
dok, apa penyebab acanthosis nigricans? bagaimana cara mengobatinya? karena ketiak, leher, selangkangan, dan punggung saya menghitam dan ada lipatan lemak. apakah ini merupakan penyakit acanthosis nigricans? tolong dibales ya dok. makasih :)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sejak kapan keluhan dirasakan. Apakah Anda memiliki keluhan lain seperti gatal di daerah lipatan, penurunan berat badan, sering buang air kecil, mudah lapar, mudah haus, gangguan menstruasi? Apakah saat ini Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, terutama kontrasepsi hormonal dan obat yang mengandung steroid?

Achantosis nigricans merupakan suatu kelainan kulit yang ditandai oleh adanya penebalan kulit (hiperkeratosis) dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) terutama pada daerah lipatan dan leher. Terkadang achantosis nigricans dapat menimbulkan bau tidak sedap dan gatal, meskipun sebagian besar tidak menimbulkan keluhan. 

Beberapa faktor risiko dan penyebab achantosis nigricans diantaranya:

  • obesitas
  • diabetes melitus
  • sindrom cushing akibat penggunaan obat kortikosteroid jangka panjang
  • gangguan hormonal: biasanya pada wanita dengan sindrom polikistik ovarian (PCOS, kista di indung telur)
  • ras: orang berkulit hitam (afrika)
  • kanker: jarang terjadi, gejala berupa munculnya akantosis yang melebar dengan cepat, bisa juga muncul di daerah mulut, tenggorokan, lidah, atau saluran cerna.

Untuk menentukan apakah benar achantosis nigricans atau bukan diperlukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik secara langsung. Achantosis nigricans seringkali dihubungkan dengan resistensi insulin (diabetes melitus). Maka dari itu, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisilk atau pemeriksaan penunjang jika diperlukan seperti pemeriksaan darah lengkap, kadar gula darah, atau pemeriksaan organ reproduksi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar