Sukses

Flek dan IUD Spiral

19 Oct 2014, 10:59 WIB
Wanita, 35 tahun.
Sy sdh 1 thn pasang IUD spiral. Bulan ini tgl 1 sy sdh dpt haid. Tp tgl 21 ada flek dan kdg haid tp hy sedkt. Apa perlu cek kontrol dalam? Apa ini haid? Apa perlu minum obat transamin? Kr sy sdgc0pp dlm puasa. Tolong dibantu. Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, penyesuaian siklus haid selama beberapa bulan pertama dan peningkatan jumlah darah menstruasi.  Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda kembali untuk evaluasi keluhan haid dan keputihan yang Anda alami. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai pilihan KB lain bila diperlukan. Obat transamin adalah obat untuk menghentikan perdarahan dan penggunaannya tidak boleh sembarangan dan harus berada di bawah pengawasan dokter.

Berikut kami lampirkan artikel:

Kontrasepsi mekanik

Pil KB Dapat Mengurangi Risiko Endometriosis

Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar