Sukses

Risiko Seks Bebas

22 Jul 2014, 16:31 WIB
Wanita, 17 tahun.
Dok sebaiknya pada usia berapa melakukan sex karena skarang banyak anak muda yang melakukan sex bebas

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Hubungan seks bebas ataupun berganti-ganti pasangan sangat tidak dianjurkan karena selain dapat menimbulkan kehamilan yang tidak diinginkan juga dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual dan kanker leher rahim. Infeksi ini tidak hanya berupa infeksi dengan manifestasi klinis lokal pada kulit alat kelamin maupun bagian dalam saluran kemih, namun juga infeksi yang bersifat menyeluruh (sistemik) dan kronis (berkelanjutan) seperti Hepatitis B, Hepatitis C, dan HIV-AIDS yang dapat berakibat fatal.

Sebagaimana kita ketahui salah satu konsekuensi awal dari perilaku seks bebas adalah terpapar penyakit menular seks. Infeksi Menular Seksual (IMS), dalam dunia medis diartikan sebagai semua infeksi yang ditularkan melalui aktivitas seksual, termasuk HIV/AIDS. Masalah kesehatan ini akhir-akhir ini mengkhawatirkan karena makin banyak kejadiannya, dapat menyebabkan kemandulan dan sangat mudah ditularkan lewat perilaku seksual yang tidak bertanggung jawab seperti berganti-ganti pasangan. HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut. Infeksi ini awalnya tidak menimbulkan gejala, sehingga hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan darah. 

 

Untuk itulah, adalah penting untuk menghindari diri dari terinfeksi dan cara paling efektif untuk mencegah terjadinya IMS dan penyebaran penularannya adalah dengan menjauhi perilaku seksual yang tidak bertanggung jawab. Mengingat usia Anda masih sangat muda, masih banyak hal-hal positif yang dapat dilakukan untuk menghindari seks bebas seperti belajar, olahraga, menyalurkan hobi di bidang kesenian, dan sebagainya.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

11 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seksual

3 Gejala dari Penyakit Menular Seks

Remaja Butuh Pap Smear

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar