Sukses

Mengatasi Cantengan

23 Jul 2014, 12:32 WIB
Pria, 23 tahun.
assalamualaikumwrwb. dokter perkenalkan nama saya aldo. kendala saya yaitu saya mengalami luka dibagian jempol kaki di bagian sudut kuku sebelah kanan. berawal dari saya menggunting jempol kuku kaki dgn cara yg salah sehingga tercipta kuku yg runcing di bagian sudut kuku dan mengenai daging di bagian sudut sendi2 kuku di bagian kakan...awalnya terasa nyeri...tapi lama2 karena ditambah saya memaksakan memakai sepatu yg sempit karna terpaksa..akhirnya luka ampe sekarang bahkan lukanya melebar gara2 saya korek dan mengeluarkan nanah terus menerus ditambah dengan adanya bengkak di bagian bawah kuku yg berwarna keunguan. nanahnya bau amis dok. warnanya kadang bening dan kdang warna putih. bagaimana cara saya mengatasinya dokter...?? harus dengan obat apakah supaya lukanya mengering dan sembuh ..mohon sarannya dari dokter.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Merujuk dari keluhan Anda, kemungkinan keluhan yang Anda rasakan adalah cantengan. Cantengan atau dalam bahasa medis disebut dengan Paronikia merupakan infeksi pada daerah sekitar kuku akibat dari pertumbuhan kuku yang tidak sempurna  yang menyebabkan kuku menusuk kulit di samping kuku dan menyebabkan luka.

Cantengan disebabkan oleh bakteri atau jamur yang masuk melalui luka di daerah sekitar kuku yang sudah rusak sehingga menyebabkan terjadinya rasa sakit pada daerah kuku, timbul kemerahan dan bengkak di sekitar kuku, dan kuku menjadi berwarna kuning kehijauan dan tidak rata. Warna kuning tersebut dapat menandakan telah terjadinya abses atau nanah akibat infeksi di bawah kuku. Darah yang keluar mungkin saja dapat terjadi akibat adanya perlukaan di daerah tersebut.

Apabila Anda mengalami keluhan seperti yang telah kami deskripsikan di atas, maka kemungkinan keluhan tersebut disebabkan karena paronikia. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah umum untuk mendapatkan terapi dan penanganan atas kondisi terkait yang Anda alami.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (DNA)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar