Sukses

Gigi Depan Maju

17 Oct 2014, 21:50 WIB
Wanita, 32 tahun.
Gigi saya yang depan 2 tidak rata agak maju, apakah bs dcabut diganti dengan gigi palsu, karna sy tidak mau pakai behel?apakah ad resikonya . Terima kasih dokter
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi Anda. Posisi gigi yang malposisi atau tidak benar akan menimbulkan banyak gangguan. Pada gigi depan tentu saja hal yang paling mengganggu adalah masalah estetik, tetapi gangguan juga dapat terjadi pada jaringan sekitarnya serta gigi itu sendiri. Perawatan yang diindikasikan untuk merapikan posisi gigi dan rahang adalah perawatan dengan alat orthodonti. Sebetulnya, tujuan perawatan orthodontik bukan hanya sekedar untuk mendapatkan senyum indah. Gigi dengan susunan yang tidak teratur atau tumpang tindih, gigitan yang tidak normal, atau gigitan silang meningkatkan kemungkinan terbentuknya plak yang sulit dibersihkan. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan mengarah kepada penyakit gusi. Selain itu, gigitan yang tidak normal dapat membuat tidak nyaman saat pengunyahan, dan lama kelamaan dapat menyebabkan gangguan pada sendi rahang dan sakit kepala.

Pencabutan gigi depan yang malposisi dan digantikan oleh gigi palsu bukan merupakan solusi yang tepat, namun tentu saja dalam hal ini perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada kondisi Anda, untuk mencari solusi  perawatan yang paling tepat, dan untuk  mengetahui apakah ada perawatan lainnya yang sesuai tanpa dilakukan pemasangan kawat gigi atau pencabutan gigi. Maka sebaiknya Anda memeriksakan kondisi gigi secara langsung ke dokter gigi.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Waspadai Penjualan Behel Gigi di Situs Jejaring Sosial

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi?

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar