Sukses

Benjolan di Selangkangan

23 Jul 2014, 10:51 WIB
Pria, 17 tahun.
Hallo dok, salam kenal, nama saya rizky subagja, saya mengalami penyakit yang aneh, benjol di sekitar selangkangan di bagian kiri, sakit bilang di tekan, dan agak sakit bila jalan, pekerjaan saya administrasi, berarti duduk diam di depan komputer,dan saya jarang olah raga, ketika saya searching di google itu terkena penyakit hernia apakah benar saya memiliki penyakit hernia ? setau saya hernia itu di bagian kanan ? tolong jawabannya dok, terima kasih :)

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Hernia dapat terjadi di kanan atau kiri. Hernia, merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Hernia inguinalis dibagi menjadi 2, yaitu hernia inguinalis medialis dan hernia inguinalis lateralis. Hernia inguinalis bisa terjadi di sisi kiri (sinistra) dan kanan (dextra). Jika kantong hernia inguinalis lateralis mencapai skrotum (buah zakar), hernia disebut hernia skrotalis. Hernia terdiri atas jaringan lunak, kantong, dan isi hernia.

Benjolan pada selangkangan dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pembesaran kelenjar, infeksi kulit, atau hernia. Untuk memastikan diagnosa keluhan yang Anda rasakan apakah benar hernia atau bukan, kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah umum agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Sekilas izinkan kami membahas mengenai hernia. Tujuh puluh lima persen dari seluruh hernia abdominal terjadi di inguinal (lipat paha) atau yang orang awam lebih sering sebut dengan turun bero. Yang lainnya dapat terjadi di umbilikus (pusar) atau daerah perut lainnya. Hernia bisa terjadi pada beberapa tempat, antara lain lipat paha, buah zakar, pusar hingga otak.

Keluhan yang dirasakan dapat dari yang ringan hingga yang berat. Karena pada dasarnya hernia merupakan isi rongga perut yang keluar melalui suatu celah di dinding perut, keluhan berat yang timbul disebabkan karena terjepitnya isi perut tersebut pada celah yang dilaluinya (yang dikenal sebagai strangulasi). Jika masih ringan, penonjolan yang ada dapat hilang timbul. Benjolan yang ada tidak dirasakan nyeri atau hanya sedikit nyeri dan timbul jika kita mengedan, batuk, atau mengangkat beban berat. Biasanya tonjolan dapat hilang jika kita beristirahat. Jika pada benjolan yang ada dirasakan nyeri hebat, maka perlu dipikirkan adanya penjepitan isi perut. Terkadang, benjolan yang ada masih dapat dimasukkan kembali kedalam rongga perut dengan tangan kita sendiri, yang berarti menandakan bahwa penjepitan yang terjadi belum terlalu parah. Namun, jika penjepitan yang terjadi sudah parah, benjolan tidak dapat dimasukkan kembali, dan nyeri yang dirasakan sangatlah hebat.

Penatalaksanaan hernia dibagi menjadi 2 yaitu konservatif dan operatif.

Pengobatan konservatif terbatas pada tindakan pengembalian posisi (dengan cara mendorong masuk tonjolan yang ada secara manual) dan pemakaian penyangga atau penunjang untuk mempertahankan isi hernia yang telah direposisi.Penggunaan bantalan penyangga hanya bertujuan menahan hernia yang telah direposisi dan tidak pernah menyembuhkan sehingga harus dipakai seumur hidup. Hal ini biasanya dpilih jika kita menolak dilakukan perbaikan secara operasi atau terdapat kontraindikasi terhadap operasi. Cara ini tidak dianjurkan karena menimbulkan komplikasi, antara lain merusak kulit dan tonus otot dinding perut di daerah yang tertekan sedangkan strangulasi tetap mengancam. Penggunaan penyangga tidak menyembuhkan hernia. Operasi merupakan penatalaksanaan rasional hernia inguinalis, terutama jenis yang strangulasi. Indikasi operasi sudah ada begitu diagnosis ditegakkan. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (DNA)

Salam


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar