Sukses

Luka Pasca Kecelakaan

19 Oct 2014, 12:19 WIB
Pria, 22 tahun.
Dok, tanya, 5 hari yang lalu saya kecelakaan,. kaki kanan saya luka sebesar kurang lebih 15x3 CM di pas pergelangan telapak kaki,. jadi kaki saya ga bisa ditekuk (bisa tapi perih)... Saya yakin kaki saya ga patah tulang atau retak... pertolongan pertamanya saya basuh air bersih trus saya lap.. mlm nya baru saya betadine... dan kaget nya,. pagi hari nya saya nemuin kaki saya mah jadi gede dok,. seperti bengkak gitu,. tapi ga keras tuh bengkak nya, tak pencet tekturnya lembut, kayak busa gtu... trus saya priksa ke dokter sore nya.. nah pas di dokter, dokternya langsung bersihin luka saya dan dikasih betadine lagi (semacam anti septic).. trus dikasih obat anti biotik dan obat pereda nyeri... 2 macam obatnya,, hari kedua,. pas saya bangun tidur,. saya kaget ngeliat luka saya yang udah mulai kering/ngoreng (meski belum semua) ini dikrubutin semut dok.... trus saya tanya temen saya,. katanya kalo darah kita dikrubutin semut, itu artinya kita punya potensi diabetes atau darahnya ada kadar gula berlebih (manis)... trus saya bilas lukanya pake air anget,. mlm nya saya ngecek gula darah,. dan gula darah saya 163 dengan batas normal 110-140,. berati saya potensi diabetes ya dok,.?? atau udah positif,.?? kondisi saya pas cek gula darah adalah habis buka puasa 1 jam yang lalu... nah pagi ini obatnya tuh sudah habis,, tapi bengkak saya tetep ga berkurang ukurannya... tetep gede meski sekarang udah ga sakit untuk jalan... luka pun udah kering, tapi ada beberapa bagian diluka yang malah terbuka dan keluar nanah bercampur darah.. banyak nanah nya sih... trus bengkanya juga tetep,. saya pencet2 bengkaknya tp ga sakit,. dan bengkak nya itu pas saya pencet malah lembek kayak busa gitu,. tak pencet pake jari malah membekas jari saya dok,. saya bingung harus diapain kaki ini,. jadi ga bisa pake sepatu karena ukurannya yan gede...

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Darah yang dikerubung semut bukan merupakan penanda pasti bahwa sesorang terkena penyakit diabetes. Anda melakukan pemeriksaan gula darah 1 jam setelah buka puasa, maka terhitung pemeriksaan Anda adalah pemeriksaan gula darah sewaktu. Untuk nilai normal gula darah sewaktu adalah <200 mg/dl. Kadar Anda sebesar 163 mg/dL, jadi kadar gula Anda masih dalam batas normal.

Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP).

Diabetes memberikan gejala khas seperti cepat haus (polidipsi), cepat lapar (polifagi) dan sering buang air kecil (poliuri). Selain itu juga terdapat penurunan berat badan yang drastis yang tidak dapat dijelaskan. Diagnosisnya memang harus didukung dengan wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan gula darah sebagai pemeriksaan penunjang. Apakah Anda memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes? Anda belum perlu kuatir jika gejala-gejala di atas tidak ada pada diri Anda.

Luka terbuka yang disertai nanah bercampur darah dan bengkak menandakan telah terjadi infeksi di luka tersebut. Kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kembali dengan dokter yang telah memeriksa Anda sebelumnya agar mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar