Sukses

Penanganan Club Foot
20 Oct 2014, 10:56 WIB
Pria, 29 tahun.
Saya mau tanya dok, anak saya lahir tgl 17 juli 2014 dan mengalami kelainan pada kaki sebelah kanannya, kalau istilah yang saya dapatkan mengenai kelainan tsb adalah clubfoot, yang saya mau tanyakan langkah apa yang harus saya lakukan untuk mengobati clubfoot pada anak saya? dan apakah penderita clubfoot dapat normal? terima kasih sebelumnya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sekilas kami akan bahas mengenai Club foot.

Club foot (talipes equinovarus) merupakan kelainan bawaan sejak lahir. Penyakit ini ditandai oleh terpuntirnya kaki ke bagian dalam. Kejadian penyakit ini adalah 2 dari 1000 kelahiran hidup. Penyakit ini dapat mengenai kedua belah kaki.

Penyebab

Penyebab terjadinya penyakit ini tidak sepenuhnya diketahui. Terdapat beberapa teori tentang penyebabnya, antara lain :

  • Sindrom Edward, yang merupakan kelainan genetic pada kromosom nomer 18

  • Pengaruh luar seperti penekanan pada saat bayi masih didalam kandungan dikarenakan sedikitnya cairan ketuban (oligohidramnion)

  • Dapat dijumpai bersamaan dengan kelainan bawaan yang lain seperti spina bifida

  • Penggunaan ekstasi oleh ibu saat sedang mengandung

Gejala Klinis

Meskipun penyakit ini mudah untuk dideteksi karena dapat terlihat dari luar, namun perlu dibedakan dari positional equinovarus, yaitu terpuntirnya kaki kearah dalam karena posisi bayi pada saat didalam kandungan. Kelainan ini dapat diperbaiki dengan mudah.

Penatalaksanaan

Yang perlu ditekankan disini adalah bahwa bayi dengan penyakit ini dapat menikmati hidup selayaknya anak-anak normal lainnya kelak ketika besar. Prinsip penanganan pada club foot, yang sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, adalah koreksi kelainan yang ada secara pasif, mempertahankannya dalam jangka waktu yang lama, dan mengamati perkembangan anak tersebut hingga akhir usia pertumbuhan.

Pada 6 minggu pertama kehidupan, bayi yang lahir dengan club foot sebaiknya menggunakan gips pada kakinya. Tujuannya adalah supaya terjadi koreksi secara pasif terhadap kelainan yang ada, gips ini diganti setiap 1 minggu untuk penyesuaian. Selanjutnya setelah itu dapat dilanjutkan dengan suatu alat ortopedi yang dinamakan Denis Browne. Alat ini digunakan selama kurang lebih 8 minggu. Kemudian dilanjutkan dengan boot splint selama 3 bulan yang digunakan siang dan malam hari. Setelah itu dapat digunakan straight boots pada siang hari hingga usia 3 tahun. Jika penanganan dilakukan sedini mungkin, posisi kaki dapat normal kembali.

Kami sarankan sebaiknya anak Anda dapat di konsultasikan ke Dokter Spesialis Orthopaedic dan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik untuk dapat dievaluasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar