Sukses

Gigi Kembali Renggang Setelah Lepas Retainer

19 Oct 2014, 23:19 WIB
Wanita, 17 tahun.
Dok saya pernah pakai behel juli 2011 sampai desember 2013 karena 2 gigi depan saya renggang.. Setelah saya lepas, saya menggunakan retainer selama 2 bulan (1 bulan 24 jam, 1 bulan saat malam saja) sesuai anjuran dokter sp. Ort saya. Namun setelah 5 bulan, gigi depan saya kembali renggang. Padahal selama itu saya tdk menggunakan retainer lagi. Apakah saya harus pakai behel lagi ? Atau bisa tetap menggunakan retainer? Terimakasih dok.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penggunaan retainer sesudah melepaskan kawat gigi bertujuan untuk mempertahankan posisi dan hubungan gigi-geligi yang sudah rapi dan harmonis antara gigi atas dan bawah. Gigi selalu memiliki kecenderungan untuk bergerak karena adanya gaya saat melakukan gerakan pengunyahan, apalagi saat seseorang masih dalam usia pertumbuhan (rata-rata di bawah 17 tahun) dimana tulang rahang terus bertumbuh dan posisi gigi mengikuti pertumbuhan tulang rahang. Berapapun usia pasien, setelah perawatan orthodontik selesai dan alat dilepas, tetap berpotensi untuk relaps. Apalagi pada pasien yang masalahnya tidak sebatas gigi (dental) saja tapi juga tulang rahang (skeletal), misalnya rahang bawah yang lebih maju dan menyebabkan gigitan menjadi edge to edge atau gigitan silang/crossbite. 

Ada baiknya Anda kembali berkonsultasi ke dokter gigi spesialis orthodontik Anda untuk memastikan perawatan yang perlu dilakukan pada kondisi yang sekarang Anda alami.

Berikut beberapa artikel terkait yang dapat Anda baca

Waspadai Penjualan Behel Gigi di Situs Jejaring Sosial

Cara Menjaga Kebersihan Kawat Gigi

Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharan

0 Komentar

Belum ada komentar