Sukses

Puting Susu Terluka Saat Menyusui

22 Jul 2014, 14:37 WIB
Pria, 41 tahun.
Dokter yang terhormat,, Istri saya baru saja melahirkan anak yg ke 3,dimana baru anak ke 3 ini akan yang disusui oleh ibunya.Anak I dan II tidak mendapatkan ASI karena penyakit yang diderita istri saya, Hepatitis B. Anak yg ke 3 ini lahir secara operasi Caesar, dan bayinya juga mendapatkan vaksin hepatitis B langsung setelah lahir. Yang menjadi masalah,puting susu istri saya yang sebelah kiri berdarah terus, dimana oleh dokter anak, tidak diperkenankan untuk menyusui, dan kedua susu terasa nyeri yang hebat,sampai saat ini dimana memasuki hari ke 20 usia bayi. Istri saya bahkan tidak bisa melakukan kegiatan yang lain, karena sakit di kedua puting susunya. Istri saya bahkan hampir menyerah, dan memutuskan untuk memakai susu formula krn sakit di kedua puting susunya yang tidak kunjung sembuh. Mohon solusinya,apa yang terjadi dengan kedua putong susu istri saya tersebut. Dan jika harus konsultasi atau periksa, kemana kami harus memeriksakan kondisi instri saya tersebut. Terima Kasih Budi Maryudi W

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai pertanyaan Anda, Anda dapat mengetahui penjelasannya pada artikel berikut:

Solusi Puting Terluka Karena Menyusui Bayi

Kedua payudara terasa sakit, dikarenakan produksi ASI yang terus berlimpah, tetapi tidak dikeluarkan oleh istri Anda. Sehingga terjadi pembengkakan di payudara. Jika tidak adanya penghisapan ASI akan menyebabkan produksi ASI menjadi menumpuk dan menyebabkan tegangnya payudara. Perah ASI secara manual atau menggunakan pompa ASI, kompres payudara Ibu dengan air hangat untuk mencegah ASI menggumpal dan menyebabkan mastitis (peradangan pada kelenjar payudara). Bila sudah tejadi mastitis mungkin perlu diberian antibiotioka. 

Istri Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau konselor laktasi yang ada di sekitar wilayah rumah Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar