Sukses

Telat Haid, Apakah Hamil?

21 Jul 2014, 07:58 WIB
Pria, 18 tahun.
dok saya ingin tahu apakah wajar pacar saya telat haid selama 4 hari , pacar saya haid setiap tanggal 16 dan ini sudah tanggal 20 , jujur saya takut saya pernah oral sex sama pacar saya pada bulan juni lalu , setelah melakukan oral sex pacar saya mentruasi , tapi bulan juli ini pacar saya telat mentruasi , kenapa ya dokter? mohon solusinya :) pacar saya tidak pernah memakai pil kb , haidnya selalu teratur . :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk kekasih Anda!

Telat menstruasi memang merupakan salah satu tanda kehamilan, akan tetapi harus dipastikan dengan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

Terlambat menstruasi juga dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

  • Stress dan depresi

  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas

  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh

  • Gangguan indung telur

  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll

  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

  • dll

Berikut panduan informasi mengenai Tanda-tanda Kehamilan dan Cara Memastikan Kehamilan.

Apakah sebelumnya sudah melakukan hubungan seksual dengan penetrasi penis ke dalam vagina? Kehamilan sangat mungkin terjadi jika telah terjadi hubungan seksual dengan penetrasi penis ke dalam vagina wanita. 

Jika telah terjadi penetrasi penis ke dalam vagina dan terjadi ejakulasi, terdapat kemungkinan untuk terjadi kehamilan. Pada aktivitas perangsangan seksual seperti petting atau seks oral, di mana tidak terjadi penetrasi maka tidak terdapat kemungkinan terjadinya kehamilan.  Bila ejakulasi terjadi di luar, maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil.
 
 
Hubungan seksual di luar nikah bukan hanya dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diharapkan. Kami tidak menyarankan hubungan seksual di luar ikatan pernikahan yang sah. Berbagai aktivitas seksual yang dilakukan untuk saling merangsang dapat berujung pada hubungan seksual dengan penetrasi, sehingga sebaiknya Anda dan kekasih juga menghindari aktivitas perangsangan seksual.
 
Kami sarankan agar Anda dan kekasih Anda melakukan kegiatan yang  positif dan menghindari tempat yang kurang ramai sehingga dapat mengalihkan pikiran dari kehendak ingin melakukan hubungan intim dan menghindari perbuatan yang akan Anda dan kekasih Anda sesali.

Kami sertakan juga beberapa artikel untuk informasi tambahan bagi Anda:
 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar