Sukses

Pemeriksaan Teropong untuk Rahim

19 Oct 2014, 19:10 WIB
Pria, 35 tahun.
Salam sejahtera, Dok, Kakak saya setelah melahirkan anak pertama (usia 7 tahun) kemudian mengikuti program KB selama 3-4 tahun. Setelah lepas KB, Kakak saya kesulitan untuk hamil kembali. Sudah konsultasi ke beberapa dokter kandungan dan diberi obat penyubur, dan 2 kali hamil. Kehamilan yang pertama keguguran saat usia kandungan 6-7 minggu. Kehamilan yang kedua lebih mengkhawatirkan karena hamil di luar kandungan, dan dengan terpaksa harus digugurkan dan ovarium Kakak saya diangkat sebagian. Setelahnya, setelah dokter mengatakan bahwa Kakak saya masih bisa hamil, Kakak saya mencari opini alternatif ke dokter lain. Dan ternyata ditemukan adanya mioma. Setelah 4-5 kali menjalani terapi (disemprotkan ke rahim), Kakak saya terbebas dari mioma itu. Namun setelahnya muncul masalah baru, kata dokter permasalahannya kini ada di dalam rahim itu sendiri. Untuk mengetahuinya, menurut dokter harus dipasang semacam kamera untuk melihat kondisi rahim dan problem apa yg terjadi. Pertanyaan saya: 1. Apakah metode pemasangan alat semacam kamera untuk melihat kondisi rahim itu lazim dilakukan? Dan apakah ada solusi alternatif yang lain? 2. Dengan kondisi itu, apakah masih ada harapan Kakak saya bisa hamil dan melahirkan kembali? Terima kasih atas segenap perhatiannya. Salam
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk Kakak Anda!

Kami mengerti kekhawatiran Anda dan Kakak Anda.

Nampaknya yang dimaksud oleh dokter Anda adalah tindakan histeroskopi. Tindakan  histeroskopi merupakan prosedur untuk menentukan diagnosis dengan teropong ke rongga rahim untuk memeriksa apakah terdapat kelainan pada dinding rahim. Pemeriksaan ini termasuk pemeriksaan yang lazim dilakukan dan biasanya memang merupakan prosedur pemeriksaan yang digunakan untuk hasil yang lebih mendetil.

Untuk mengetahui apakah Kakak Anda dapat hamil kembali baru dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksaan seperti yang disarankan dokter. Hasil pemeriksaan akan memberikan gambaran umum mengenai kondisi alat reproduksi Kakak Anda.
 
Saran kami saat ini, berkonsultasilah dengan dokter yang paling mengetahui kondisi Kakak Anda dan diskusikan mengenai pemeriksaan ini.


Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (JF)

Salam,
 
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar