Sukses

Sakit Perut Bawah Kiri dan Kanan

19 Oct 2014, 23:47 WIB
Wanita, 22 tahun.
Adik saya, laki-laki, 17 tahun, tinggi 170cm, berat 47kg, dalam sebulan ini terus mengalami sakit di bagian perut bawah, baik sebelah kiri maupun kanan. Sakitnya tidak lama, hanya sekitar semenit namun terjadi berkali-kali dalam sehari. Dia juga sering sakit kepala, pusing dan mual. Dan ada benjolan kecil, sekitar 1cm di paha kanan (dekat selangkangan). Saya sudah membawanya ke dua dokter berbeda. Dia hanya diberi obat dan tidak diberitahu dia sakit apa. Saat minum obat, adik saya merasa baikan. Namun, setelah obat habis, gejala kembali. Dokter terakhir yang kami kunjungi mengatakan jika obat habis dan benjolan tidak hilang, adik saya harus dites darahnya. Sebenarnya adik saya sakit apa ya, dok? Lalu apakah memang harus tes darah?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk adik Anda!

Keluhan adik Anda adalah sakit perut bagian bawah kiri dan kanan sejak 1 bulan. Sakit terjadi hanya sebentar dan berkali-kali dalam sehari. Juga terdapat sakit kepala, pusing, mual dan benjolan kecil di daerah selangkangan kanan.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui beberapa hal:

  • Sejak kapan benjolan muncul? Apakah semakin membesar? Apakah ada rasa nyeri? Adakah kemerahan? Bagaimana konsistensinya?
  • Bagaimana sifat rasa sakit? Apakah tajam, tumpul, berdenyut?
  • Apa yang memicu rasa sakit?
  • Kapan saja rasa pusing dan mual terjadi? Apa pemicunya?
  • Apakah Anda mengetahui obat apa yang dikonsumsi adik Anda?
  • Apakah terdapat keluhan buang air besar atau buang air kecil?

Memang untuk mengetahui suatu kondisi yang mendasari keluhan-keluhan adik Anda maka diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh, termasuk wawancara medis untuk mengetahui riwayat penyakit sebelumnya dan memperkirakan kemungkinan pemicu dan penyebab keluhan adik Anda. Selain itu, diperlukan pemeriksaan fisik mendetil untuk mengetahui letak pasti benjolan dan memeriksan bagian perut. Pemeriksaan tambahan seperti USG perut juga mungkin diperlukan untuk mengetahui kondisi bagian dalam perut. Pemeriksaan darah juga diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat infeksi atau peradangan di dalam rongga abdomen.

Untuk itu kami sarankan agar Anda membawa adik Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih menyeluruh. Bawa serta juga hasil pemeriksaan atau pengobatan yang sudah didapatkan sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar