Sukses

Nyeri Ulu Hati, Sesak & Pegal-pegal

20 Oct 2014, 07:01 WIB
Pria, 20 tahun.
selamat malam dok ibu saya berumur 48, mengalami keluhan perih di hulu hati, ketiak terasa panas, dada sesak, os scapulla sering terasa pegal, penyakit apa yg di derita ibu saya dok, dokter apa yg harus saya konsultasikan tentang penyakit ibu saya. terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Ibu Anda. Tetapi sebagai gambarannya akan kami coba jelaskan mengenai keluhan Ibu Anda. Sejak kapan Ibu Anda mengalami keluhan seperti ini? 

Nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung (maag), penyakit refluks asam lambung ( Gastroesofageal Reflux Disease/ GERD), maupun gejala dari serangan jantung. Pada penyakit GERD selain merasakan nyeri di ulu hati, pasien dapat merasakan dada yang panas seperti terbakar hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus) akibat rusaknya klep antar lambung dan esofagus, selain itu pasien dapat pula merasa asam di lidah. Pada serangan jantung memang biasanya gejala yang timbul adalah nyeri dada sebelah kiri seperti ditekan benda berat, tetapi ada juga sebagian pasien yang mengeluhkan nyeri ulu hati lalu nyeri dapat menjalar hingga ke dada bagian belakang atau menjalar ke rahang atau lengan sebelah kiri.

Sesak dapat disebakan oleh berbagai macam penyebab baik dari paru-paru jantung maupun jantung. Dari paru-paru sesak dapat disebabkan oleh asma, penyakit paru obstruktif kronik, efusi pleura, dsbnya. Pada asma biasanya sesak disertai dengan adanya bunyi "ngik-ngik". Penyebab dari jantung yang paling sering menimbulkan sesak adalah gagal jantung, pasien biasanya mengeluhkan sesak jika beraktifitas dan membaik jika beristirahat, keluhan lain dapat berupa tidur menggunakan lebih dari 1 bantal, sering terbangun malam hari karena sesak. Penyebab lain sesak dapat karena gangguan darah seperti anemia.

Pegal di os scapulla dapat disebabkan oleh gangguan pada sendi maupun otot. Jika pegal terasa enak saat dipijat kemungkinan besar penyebab adalah dari otot. Apakah Ibu Anda suka memakai tas di satu sisi saja? Pegal yang dirasa di kedua os scapulla atau hanya salah satu?

Kami sarankan Anda membawa Ibunda tercinta ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan wawancara terarah, pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnosis dari keluhan Ibunda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat (AAS)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar