Sukses

Otitis Eksterna

20 Jul 2014, 23:31 WIB
Pria, 18 tahun.
Telinga saya dulu pernah terluka di bagian dalam saat saya membersihkannya dengan cotton bud. Tapi beberapa hari kemudian daun telinga saya jadi sangat gatal, kemudian perih. Sehingga seperti kulit yang terkelupas. Hal seperti ini sudah hampir 1 bulan, tetapi belum bisa pulih sepenuhnya. Apakah ini Otitis Externa? Pengobatannya gimana dok?

 Terima kasih atas pertanyaan anda,

Terdapat beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gatal pada daun telinga.

1.    Otitis Eksterna yaitu infeksi pada telinga bagian luar, dapat disebabkan oleh jamur ataupun bakteri.

2.    Alergi kulit yaitu suatu keadaan alergi pada kulit telinga yang menyebabkan gatal, namun terkadang agak sulit untuk menentukan alergi terhadap hal apa.Alergi ini dapat baru muncul sekarang oleh karena baru ada pemicu. Pengobatan yang dilakukan adalah dengan obat anti alergi.

3.    Infeksi pada telinga bagian tengah

Dan penyakit pada telinga lainnya.. 

Berdasarkan cerita yang anda paparkan sepertinya anda menderita infeksi liang telinga bagian luar atau disebut otitis eksterna. Mengenai pengobatan otitis externa  biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga,antibiotik,dan obat anti inflamasi.

Namun tentu ini hanya merupakan salah satu kemungkinan diagnosis, karena untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Saya menyarankan agar Ibu berobat ke dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis THT, karena untuk mendapatkan diagnosis yang tepat perlu dilakukan pemeriksaan langsung.Namun untuk penanganan pertama bila anda merasa sangat gatal, anda dapat konsumsi obat gatal golongan anti-histamine, seperti cetirizin atau CTM. 

 

demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh.(AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar