Sukses

Pengobatan Sumbatan Saluran Telur

20 Oct 2014, 07:53 WIB
Pria, 35 tahun.
Selamat siang dok. Setelah konsultasi dg dokter. Istri saya di nyatakan ada masalah di saluran sel telur atau tersumbat. Pertanyaan dok. Solusi medis yg harus saya lakukan apa dok??? Terus kl pake obat herbal apa yg cocok dok. Trima sebelum dan sesudah nya.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Penyumbatan saluran sel telur (tuba falopii) dapat disebabkan oleh infeksi, endometriosis, penyakit radang panggul, riwayat kehamilan ektopik, operasi pada saluran telur sebelumnya, operasi pada bagian abdomen.

Sebelumnya izinkan kami bertanya. Apakah saluran telur Anda tersumbat dua-duanya atau hanya salah satu sisi? 

Jika penyumbatan terjadi hanya pada salah satu saluran telur, kemungkinan Anda untuk hamil secara alamai masih ada hal ini tergantung juga dengan sel telur Anda. Dokter dapat memberikan obat-obat kesuburan untuk meningkatkan kemungkinan ovulasi (lepasnya sel  telur dari rahim) pada sisi tuba yang sehat.

Pada beberapa kasus, operasi laparoskopi dapat membuka sumbatan saluran atau menghilangkan jaringan parut yang menjadi penyebab sumbatan. Keberhasilan metode ini bergantung dengan usia Anda (semakin muda semakin baik), seberapa berat sumbatan dan penyebab sumbatan.

Jika penyumbatan sudah sangat berat, terdapat perlengketan luas dan jaringan parut antar saluran dan sel telur serta jika ada masalah kesuburan pada pihak pria, In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung merupakan tatalaksana pilihan.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar